20/04/2024 10:33
NASIONAL

Sakit, Tiga Jemaah Haji Aceh Batal Berangkat ke Tanah Suci

Fokusmedan.com : Tiga jemaah haji Aceh kloter 2 batal berangkat karena sakit. Satu jemaah telah dirujuk ke Rumah Sakit Zainoel Abidin Banda Aceh. Jemaah itu berasal dari Gayo Lues.

“Sementara dua lagi memang kosong karena jemaah sudah batal berangkat karena sakit di daerah, tidak masuk ke embarkasi,” kata Koordinator Humas dan Penerangan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh Tajri Bin Yakob.

Menurut Tajri, jemaah yang telah dirawat lebih lanjut ke Rumah Sakit Zainoel Abidin Banda Aceh itu, kalau sudah dinyatakan layak terbang oleh KKP (Karantina Kesehatan Pelabuhan), akan diberangkatkan bersama jemaah kloter lain.

“Jadi total ada tiga seat yang kosong,” ujarnya.

Sebelumnya, jemaah haji kloter 2 embarkasi Aceh tertunda keberangkatan ke Madinah, Arab Saudi, lantaran ada kendala teknis pada pesawat Skyteam Garuda Indonesia.

Seharusnya mereka berangkat Kamis (16/6) sekitar pukul 01.50 WIB dini hari, melalui Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang, Aceh Besar. Namun karena pesawat Boeing 777-300ER disebut dalam keadaan maintenance (perawatan), penerbangan tertunda sekitar 11 jam.

Pesawat mulai lepas landas siang tadi sekitar pukul 13.16 WIB menuju bandara internasional Prince Mohammad bin Abdul Aziz (MED), Madinah.

Tajri menyebut, jemaah haji kloter 2 itu terdiri dari 136 jemaah laki-laki dan 254 jemaah perempuan. Mereka berasal dari Bireuen 117 jemaah, Banda Aceh 70 jemaah, Aceh Tengah 58 jemaah, Aceh Tenggara 57 jemaah, Bener Meriah 55 jemaah dan 28 jemaah dari Gayo Lues.

“Mereka juga di damping lima petugas kloter dan seorang pemandu haji daerah,” sebutnya.(yaya)