19/04/2024 6:41
OTOMOTIF & OLAH RAGA

Jangan Keliru, Pahami Keunggulan Knalpot Standar Pabrikan

Fokusmedan.com : Berkendara aman dan nyaman di jalan tentunya tidak terlepas dari dukungan kondisi prima sejumlah komponen penting yang pada motor kesayangan. Salah satunya kenalpot yang merupakan salah satu elemen penting pada sepeda motor, dimana berfungsi sebagai saluran pembuangan sisa hasil pembakaran pada mesin.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara mengungkapkan, saat ini banyak pemilik sepeda motor yang melalukan modifikasi dengan mengganti knalpot standart pabrikan dengan knalpot racing. Dimana alasannya untuk mendapatkan suara yang lebih gahar dan performa sepeda motor yang lebih baik. Padahal sebenarnya, selain bebas tilang knalpot standart pabrikan memiliki banyak keunggulan yang mungkin belum diketahui pengendara sepeda motor.

Melihat kondisi tersebut, maka Honda ingin berbagi informasi terkaiti beberapa keunggulan knalpot standart pabrikan sepeda motor, Pertama, knalpot standart telah disesuaikan dengan konstruksi mesin motor itu sendiri melalui berbagai riset dan uji coba. Selain itu, knalpot standar pabrikan juga memiliki nilai gas buang yang telah diukur dan sesuai dengan standart minimal sehingga tidak menimbulkan pencemaran udara berlebih.

Kedua, tingkat kebisingan yang ada pada knalpot standart sudah teregulasi dan lulus uji kebisingan sehingga tidak menimbulkan suara terlalu keras dan mengganggu lingkungan sekitar. Ketiga, memodifikasi knalpot adalah salah satu tindakan yang bisa menggugurkan garansi sepeda motor. Dengan tidak memodifikasi bagian motor yang tidak disarankan, pemilik sepeda motor bisa memanfaat garansi tersebut jika terjadi masalah atau kerusakan pada sepeda motor selama masa garansi yang ditetapkan.

Keempat, salah satu kelebihan yang dimiliki knalpot standart juga ada pada lubang kecil di bagian terbawah knalpot. Dimana lubang kecil itu berfungsi untuk mengeluarkan air yang masuk ke dalam knalpot sehingga knalpot tidak menyimpan air dan sirkulasi lebih baik.

Erwin Chandra menambahkan, perlu diingat juga bahwa perawatan dan pemeriksaan seluruh komponen sepeda motor yang dilakukan secara rutin akan membuat kinerjanya tetap optimal. Karena itu, untuk #Cari_aman di jalan, kunjungi bengkel AHASS terdekat dan jangan lupa selalu gunakan suku cadang Honda Genuine Part untuk kualitas terbaik, serta menfaatkan layanan booking service dan layanan kunjung AHASS untuk kebebasan waktu servis.(til)