Banyak Gangguan, Harga Bawang Merah di Medan Melambung Hingga Rp45 Per Kilogram

Harga bawang merah di Medan dan sekitarnya capai Rp45.000 per kg. Ist

Fokusmedan.com : Harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan dan sekitarnya terus melambung pasca Lebaran. Harga komoditas tersebut berkisar Rp40 ribu hingga Rp45 ribu per Kilogram (Kg).

Salah seorang pedagang di Pusat Pasar Medan, Ramli mengaku, harga bawang merah terus merangkak naik mulai awal Ramadhan. Saat ini harga bervariasi sesuai dengan kualitasnya mulai dari Rp 40.000 hingga Rp46.000 per kg.

“Ya mahal harga segitu, biasanya kalau normal sekitar Rp23.000-Rp25.000 per kg. Bawang Jawa yang kering dan kualitasnya bagus itu yang paling mahal bisa dijual hingga Rp46.000 per kg,” katanya, Selasa (17/5/2022).

Pengamat ekonomi Sumut Gunawan Benjamin mengatakan, harga tersebut sejauh ini paling mahal ditemukan. Pada dasarnya kenaikan harga bawang merah tersebut sudah terjadi sejak perayaan Lebaran sebelumnya.m dan masih terus berlanjut hingga hari ini.

“Temuan di lapangan sejauh ini, mahalnya harga bawang merah lebih dikarenakan oleh pasokan yang lebih sedikit dari Pulau Jawa. Umumnya¬†¬†bawang merah dari Jawa menjadi penggerak harga bawang merah di Kota Medan maupun Sumut secara keseluruhan,” ujarnya.

Jika ditelusuri lebih jauh, lanjutnya, sejumlah pedagang mengeluhkan penurunan stok dari petani. Gagal panen menjadi salah satu alasan penurunan stok dan mahalnya harga bawang merah belakangan ini.

Di sisi lain, sejumlah sumber juga menyatakan ada gangguan distribusi. Di mana pengiriman melalui kapal laut juga terganggu. Menurut estimasi mereka (pedagang) kapal laut baru beroperasi nanti setelah tanggal 20.

“Diperkirakan setelah tanggal 20 distirbusi barang akan lebih lancar dan diharapkan bisa menekan kembali harga bawang merah. Dari sejumlah alasan pemicu kenaikan harga bawang merah, maka yang perlu diwaspadai adalah gagal panen yang bisa membuat penurunan produktifitas di tingkat petani,” ucapnya.

Gunawan menambahkan, harga bawang merah yang mahal saat ini sementara masih akan terjadi dalam jagka pendek. Belum bisa dikatakan bahwa akan terjadi kenaikan harga bawang merah dalam waktu yang lama.(ng)