Waspada Ancaman Hepatitis Akut pada Anak Terutama Mata Menguning

Ilustrasi mata yang menguning jadi salah satu gejala lanjutan hepatitis akut. Ist

Fokusmedan.com : Hingga saat ini, penyakit hepatitis akut masih menjadi misteri. Belum diketahui pasti apa yang jadi penyebabnya.
Meski demikian, sejumlah gejala hepatitis akut telah dilaporkan hingga saat ini. Termasuk di antaranya mata dan kulit yang menguning.

Hepatitis jenis ini pertama kali merebak di antara anak-anak di Eropa. Hingga awal Mei lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat sebanyak 228 kasus hepatitis misterius yang terdeteksi.

Di Indonesia sendiri, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) hingga beberapa waktu lalu mencatat 15 kasus yang diduga terkait hepatitis akut. Beberapa di antaranya menyebabkan pasien meninggal dunia.

Sejauh ini, hepatitis akut menyerang kelompok anak usia 1-17 tahun. Meski belum diketahui pasti, tapi penyebabnya diduga karena sistem kekebalan tubuh anak yang belum terbentuk sempurna.

Mual, muntah, dan diare menjadi gejala hepatitis akut paling umum yang terdeteksi di Indonesia. Beberapa anak juga mengalami demam, penurunan nafsu makan, dan nyeri sendiri.

Selain gejala-gejala yang umum di atas, beberapa pasien juga dilaporkan mengalami kondisi mata dan kulit yang menguning. Kondisi ini kerap disebut sebagai penyakit kuning atau sindrom jaundice.

Juru Bicara Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan beberapa waktu lalu bahwa kondisi kulit kuning sempat dilaporkan pada tiga pasien anak yang meninggal dunia akibat hepatitis akut.

Kondisi mata dan kulit yang menguning itu terjadi akibat adanya peradangan pada organ hati. Kondisi ini meningkatkan pigmen bilirubin dalam darah hingga memicu penumpukan. Kondisi ini-lah yang disebut dengan jaundice.

Mengutip Healthline di laman CNNIndonesia.com, Senin (16/5/2022), bilirubin merupakan pigmen kuning yang dibuat oleh pemecahan sel darah merah mati di hati. Biasanya, hati membuang bilirubin bersama dengan sel darah merah yang menua.

Kondisi penyakit kuning mengindikasikan adanya masalah serius, termasuk pada hati seperti hepatitis. Selain pada mata, kondisi kuning juga terjadi pada kulit.

Pada pasien hepatitis, kondisi mata dan kulit kuning bisa berlangsung dalam hitungan pekan. Orang tua perlu mewaspadai gejala hepatitis akut satu ini. Segera bawa ke rumah sakit jika gejala muntah dan diare dibarengi dengan penyakit kuning.

Selain membuat mata dan kulit menguning, kadar bilirubin yang tinggi juga membuat air urine berubah jadi lebih gelap dan pekat.

Namun, tak hanya hepatitis, kondisi mata dan kulit yang menguning juga disebabkan oleh faktor medis lainnya. Misalnya sama talasemia, kanker pankreas, batu empedu, sirosis, hingga obstruksi saluran empedu.(ram)