BI Sumut Catat Uang Keluar Capai Rp4,60 Triliun Selama Lebaran 2022

Ilustrasi Uang Pecahan Kecil (UPK). Ist

Fokusmedan.com : Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Sumatera Utara mencatat out flow (uang keluar) sebesar Rp4,60 triliun selama masa Lebaran 2022. Jumlah itu 91 persen dari perkiraan uang keluar sekitar Rp5,025 triliun.

Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumut, Ibrahim mengatakan, dari uang keluar sebesar Rp4,60 triliun tersebut berasal uang pecahan besar sebanyak Rp3,89 triliun dan uang pecahan kecil Rp701,4 miliar.

“Nilai kebutuhan uang tersebut sudah termasuk penukaran yang dilakukan langsung ke Bank Indonesia sebesar Rp5,75 miliar,” kata Ibrahim, Kamis (12/5/2022).

Ibrahim menjelaskan dari total uang yang keluar saat Lebaran 2022, merupakan kebutuhan masyarakat untuk transaksi secara tunai. Karena, saat Hari Raya Idul Fitri transaksi menggunakan uang tunai sangat tinggi di tengah masyarakat.

“Sementara uang yang sudah beredar di masyarakat sudah ada lagi di perbankan, jadi lebih besar lagi,” jelas Ibrahim.

Ibrahim mengungkapkan bahwa proses penukaran uang secara umum berjalan dengan baik dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Selain di Bank Indonesia, masyarakat juga telah memanfaatkan layanan penukaran uang di perbankan secara langsung,” tutur Ibrahim.(ng)