30/04/2024 0:14
FOKUS MEDAN

Diduga Suspek Hepatitis Akut, 1 Anak di Sumut Meninggal Dunia

Fokusmedan.com : Diduga terinfeksi (suspek) hepatitis akut misterius, seorang anak berusia dua tahun meninggal dunia setelah mendapat rawatan di RS Elisabeth, Kota Medan.

Sementara satu bayi lainnya dengan gejala yang sama masih menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat Haji Adam Malik (RSUPHAM).

Kepala Dinas Kesehatan Sumut drg Ismail Lubis menjelaskan, kematian anak dengan suspek hepatitis akut misterius di RS Elisabeth setelah menjalani perawatan dengan gejala berat.

“Ada dua yang suspek, satu di Elisabeth sudah meninggal dan satu lagi sedang dirawat di (RS) Adam Malik,” terangnya, Selasa (10/5/2022).

Ia menambahkan, anak yang meninggal tersebut masuk ke rumah sakit dengan gejala mual, muntah, demam, dan matanya sudah menguning, serta kehilangan kesadaran.

“Hari ini kita akan membawa spesimennya ke Universitas Indonesia. Karena di sana memeriksanya,” jelasnya.

Terpisah, Direktur Pelayanan Medik, Keperawatan dan Penunjang RSUPHAM Dr dr Fajrinur, M.Ked (Paru), Sp.P(K) mengakui, ada satu kasus probable hepatitis akut di rumah sakit vertikal Kemenkes tersebut. Pasien itu

Sementara, bayi yang di RSUPHAM menjalani perawatan intensif di ruangan khusus dan sejauh ini, RS juga sudah melakukan pengambilan sampel untuk pemeriksaan virus dan sudah dikirim ke Jakarta.

“Ketika masuk kesadaran sudah menurun dengan badan yang sudah cukup kuning, riwayat mual, muntah. Masalah saluran cernanya lebih menonjol, kemudian ada diare, demam, riwayat kejang,” ujarnya.

Direktur Utama (Dirut) RSUPHAM dr Zainal Safri, SpPD-KKV, SpJP (K) menjelaskan, pasien yang dirawat merupakan rujukan dari RS Elisabeth.

Ketua Tim Penanganan Pasien Hepatitis Akut RSUPHAM dr Ade Rachmat Yudiyanto, M.Ked(Ped), Sp.A(K) menegaskan, kasus ini mereka anggap masih sebagai probable.(riz)