Joe Biden Pilih Jubir Kulit Hitam Pertama Gedung Putih

Fokusmedan.com : Pemerintahan Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengumumkan Karine Jean-Pierre akan menjadi juru bicara Gedung Putih berikutnya menggantikan Jen Psaki yang akan merampungkan masa tugasnya pekan depan. Dengan demikian Jean-Pieree akan menjadi orang kulit hitam perempuan pertama yang menjabat posisi penting itu di pemerintahan AS.

Dalam pernyataan kemarin, Biden mengatakan Jean-Pierre akan menjadi juru bicara Gedung Putih setelah Psaki meninggalkan kantor kepresidenan AS itu pada 13 Mei. Tak hanya itu, Jean-Pierre juga diumumkan akan menjadi asisten Biden.

“Saya dengan bangga mengumumkan Karine Jean-Pierre akan bertugas sebagai juru bicara Gedung Putih berikutnya,” kata Biden, seperti dilansir laman Aljazeera, Jumat (6/5).

“Karine tidak hanya akan memberikan pengalaman,m bakat, dan integritasnya untuk pekerjaan yang sulit ini, tapi dia akan memimpin cara berkomunikasi dari tugas-tugas pemerintahan Biden-Harris atas nama rakyat Amerika.”

Jean-Pierre saat ini menjabat sebagai wakil juru bicara Gedung Putih dan wakil asisten Biden.

Dia sebelumnya pejabat senior bidang komunikasi dan politik dalam tim kampanye Joe Biden saat dia menduduki posisi wakil presiden di masa pemerintahan Presiden Barack Obama, kata pernyataan Gedung Putih.

Jean-Pierre juga adalah kepala isu publik dari kelompok MoveOn.org dan bekas pengamat politik di NBC dan MSNBC.

Psaki memuji perempuan yang akan menggantikan jabatannya itu.

“Dia akan menjadi perempuan kulit hitam pertama dan orang LGBTQ pertama yang menjabat sebagai juru bicara Gedung Putih,” kata Psaki.

“Perwakilan itu penting dan dia akan memberikan suara bagi banyak orang dan juga membuat banyak impian besar atas apa yang mungkin dilakukan.”

Jean-Pierre kemarin mengatakan “hari yang sangat emosional baginya” ketika ditanya untuk menduduki posisi juru bicara Gedung Putih.

“Ini momen yang bersejarah,” kata dia.

“Saya paham betapa pentingnya ini bagi banyak orang di luar sana, ada beragam komunitas dan saya mendukung mereka selama karir hidup saya. Jadi ini sebuah kehormatan dan keistimewaan berdiri di podium ini dalam sepekan lagi ketika Jen sudah siap.”(yaya)