29/04/2024 20:55
INTERNASIONAL

Ukraina Porak Poranda, Presiden Zelenskiy Minta Negosiasi dengan Putin

Fokusmedan.com : Suara sirine tanda darurat bergema seantero Ukraina. Pemandangan mencekam akibat serangan masif militer Rusia dapat ditemukan berbagai sudut kota. Ambulans mondar mandir membawa korban yang tewas dan terluka.

Ukraina porak poranda dihantam rudal dan roket. Fasilitas strategis dan permukiman berhasil diduduki Rusia lewat serangan darat maupun udara.

Ratusan orang tewas akibat serangan tersebut. Sekaligus memaksa penduduk Ukraina mengungsi ke negara tetangga seperti Denmark, Polandia hingga Moldova.

Perang berkecamuk di hampir seluruh Ukraina. Moskow terus menambah pasukannya untuk memasuki negara tetangganya ini. Di kubu lawan, seluruh komponen militer dan cadangan dikerahkan guna mempertahankan Kiev, Ibu Kota Ukraina.

Melihat kondisi ini, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskiy meminta Putin untuk bernegosiasi. “Saya ingin berbicara dengan presiden Federasi Rusia sekali lagi,” kata Zelensky dilansir BBC, Jumat (25/2).

Setelah memuji keberanian pasukan Ukraina, Zelensky beralih ke bahasa Rusia. Dia menyerukan Vladimir Putin mau duduk bersama demi menghentikan invansi Rusia.

“Pertempuran sedang berlangsung di seluruh wilayah Ukraina. Mari kita duduk di meja perundingan untuk menghentikan pembunuhan orang,” ujar dia.

Laporan CNN, Kremlin mengatakan akan menganalisis tawaran presiden Ukraina untuk membahas status non-blok untuk negaranya, ketika invasi militer Rusia semakin dekat ke Kiev.

Ditanya tentang tawaran Zelenskyy, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov pada hari Jumat menggambarkannya sebagai langkah ke arah yang positif.

“kami memperhatikan itu, dan sekarang kami perlu menganalisisnya,” tutur Peskov.

Tetapi Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov mengatakan Zelenskyy “hanya berbohong” ketika dia menawarkan untuk membahas status non-blok untuk Ukraina.(yaya)