Konsisten Meningkatkan Keandalan, PLN Rutin Lakukan Pemeliharaan Aset

PLN rutin lakukan pemeliharaan aset. Ist

Fokusmedan.com : PLN Unit Induk Wilayah Sumatera Utara (UIW Sumut) rutin lakukan pemeliharaan aset dalam rangka meningkatkan keandalan pasokan listrik. Dengan begitu, masyarakat dapat menikmati listrik dengan kualitas terbaik.

Pemeliharaan aset yang dilakukan PLN UIW Sumatera Utara diantaranya adalah penggantian tiang patah/kropos/lapuk, penggantian komponen JTR/JTM dengan kondisi sudah tidak andal dan lain sebagainya.

Proses pemeliharaan aset ini sendiri dilakukan di seluruh wilayah kerja PLN UIW Sumatera Utara secara bertahap, di mana setiap Unit Layanan Pelanggan akan melakukan pemetaan terlebih dahulu dan selanjutnya dilakukan penyusunan jadwal perencanaan pemeliharaannya. Misalnya penggantian tiang patah/lapuk/kropos, proses nya sendiri biasanya segera dilakukan penggantian berdasarkan kondisi visual.

Namun adakalanya pemeliharaan aset ini dilihat berdasarkan umur aset tersebut. Proses ini akan dilakukan dan disesuaikan dengan kondisi di lapangan dan berdasarkan umur asetnya pada aplikasi terpusat.

Manager UP3 Medan Hariadi Fitrianto menjelaskan, khusus di PLN UP3 Medan dengan wilayah kerja di Kota Medan dan sekitarnya misalnya, berdasarkan data penggantian tiang selama tahun 2021 terdapat 374 batang tiang sudah diremajakan dengan tujuan untuk meningkatkan kehandalan jaringan listrik.

“Konsistensi unit-unit dalam melakukan pemeliharaan aset ini sangat berdampak pada pencapaian kinerja dan pelayanan kepada pelanggan,” ujarnya, Jumat (25/2/2022).

Menurutnya, tata kelola pemeliharaan aset di lingkungan PLN juga sudah dilaksanakan dengan baik. Kerjasama antar bagian di unit sudah berjalan dan dilakukan pengawasan oleh SDM yang telah memiliki sertifikat keahlian di bidangnya.

PLN juga mengharapkan kerjasama dari seluruh masyarakat untuk melaporkan ke PLN jika mendapati kondisi tiang yang berpotensi membahayakan.

“Dalam hal bilamana masyarakat menemukan kondisi jaringan distribusi yang berpotensi menimbulkan bahaya, maka dapat melaporkan kondisi ini melalui Aplikasi PLN Mobile pada fitur pengaduan keluhan/gangguan. PLN akan segera melakukan tindakan perbaikan atas kondisi tersebut,” tegasnya.(ng)