18/05/2024 13:43
FOKUS MEDAN

Semarak HUT Sumpah Pemuda ke 93, Ketua Wilayah BBPPP Sumut ; Jangan Lupakan Sejarah dan Jasa Pahlawan

Ist/fokusmedan.com

Fokusmedan.com : Ketua Wilayah Badan Buruh Pekerja Pemuda Pancasila (BBPPP) Sumatera Utara, H Rizaldi Mavi MBA (foto) mengajak generasi muda jangan sekali-kali melupakan sejarah dan jasa pahlawan pendiri Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Karena menurut Rizaldi peringatan Hari Sumpah Pemuda yang diperingati pada setiap tanggal 28 Oktober, memiliki makna dan pelajaran penting bagi Pemuda Indonesia.

“Apa yang saya sampaikan ini kata Rizaldi, merupakan arahan dari Ketua Majelis Pimpinan Wilayah (MPW) Pemuda Pancasila Sumut, Kodrat Shah,” ungkapan Rizaldi terkait peringatan HUT Sumpah Pemuda ke 93, Kamis (28/10/21)

Ia berharap agar generasi muda dapat mengadopsi nilai-nilai positif dan motivasi menjadi generasi Indonesia yang punya semangat membangun negeri.

Dijelaskannya, peringatan Sumpah Pemuda ke 93 lahir dari hasil pertemuan para Pemuda Indonesia, pada 28 Oktober 1928 silam

Dari pertemuan tersebut lahirlah Ikrar Sumpah Pemuda yg berisikan tiga poin yang diikrarkan pada peringatan Hari Sumpah Pemuda, dan ini merupakan rumusan dari kongres pemuda ke II.

Menurut catatan sejarah pada 1915 para pemuda Indonesia gelisah adanya penjajahan Belanda di tanah air.

Para pemuda mulai sadar dan bangkit, meski pada saat itu para pemuda masih berkelompok-kelompok pemuda dan suku yang belum bersatu.

Dari salah satu kelompok pemuda bernama Satiman Widjosandjoyo yang menjadi penggerak terlaksananya kongres pemuda sehingg 28 Oktober 1928 lahir ikrar sumpah pemuda yakni Bertanah Air satu, Tanah Air Indonesia. Berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan Berbahasa satu Bahasa Indonesia.

Dikesempatan itu Rizaldi mengajak semua pemuda untuk bersatu, peduli sesama anak bangsa dan jangan mudah diadu domba karena itu akan merugikan kita sebagai anak bangsa.

“Keluarga Besar Badan Buruh dan Pekerja Pemuda Pancasila Sumut mengucapkan Sumpah Pemuda ke 93 (28 Oktober 1928 – 28 Oktober 2021). Semoga Pemuda Semakin Maju, Energik dan Mandiri,” tandas H Rizaldi Mavi MBA.

(Rio)