Menuju KNH2021: PERHUMAS Usung Semangat Resiliensi Dan Optimisme

Fokusmedan.com : Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) menggelar kick-Off Menuju KonvensiNasional Humas (KNH) 2021 yang dilaksanakan di Jakarta dan diikuti ratusan peserta secara virtual, Kamis (21/20/2021).

Kegiatan yang disambut baik Direktur Jenderal Informasi  dan Komunikasi Publk Kementerian Komonikasi dan Informatika RI (Dirjen IKP Kemenkominfo) Usman Kansong, dihadiri Ketua UmumPerhumas Indonesia Agung Laksamana, Ketua PanitiaKNH 2021 Hery Kurniawan, Founder-CEO Wehelpyou, Muhamad Noor Sutrisno dan peserta dari berbagaiwilayah di Indonesia serta Pengurus dan anggota PERHUMAS dan PERHUMAS Muda dari 30 cabang di Indonesia. Hal tersebut dikemukakan Ketua BPC PERHUMAS Medan, Saurma MGP SIahaan, M.I.Kom, MIPR.

DIjelaskannya, Dirjen Usman menyampaikan semua yang dilakukan Public Relations terkait persepsi publik di dalam rangka menampilkan wajah lembaga untuk citra baik di mata publik membutuhkan profesionalisme dan strategi kehumasan. Sehingga cara kerja dituntut dinamis.

Diakuinya pemerintah belum mampu menjadi sumber utama informasi berdasarkan hasil penelitian.

Adaptasi harus dilakukan dengan cepat. Hasil risetterkait pencarian sumber informasi menunjukkan publiklebih banyak mengambil dari media massa daripadadari pemerintah. Juga dari website, asosiasi kesehatanatau dokter daripada dari pemerintah. Humas sebagaigarda terdepan perlu beradaptasi dengan cepat dalammenjaga reputasi lembaga/perusahaan, Demikianhalnya dalam kondisi pandemi saat ini, tantangan perludihadapi dalam membangun ekosistem dan komunikasipublik adalah kolaborasi bersama, papar Usman Kansong.

Sementara Ketua Umum PERHUMAS, Agung Laksamana menyebut KNH 2021 ini adalah KNH spesial karena di hari ke-2 akan diadakan MunasPERHUMAS sehingga kegiatan ini harus dipersiapkandengan matang. KNH tahun ini mengusung SemangatResiliensi dan Optimisme Untuk Indonesia Tumbuh. Disebutkannya Humas Indonesia perlu menjadi Humas yang memiliki sikap resilien dan selalu optimis dengansegala perubahan yang tidak dapat diprediksi, selalubelajar, kreatif dan inovatif dalam melangkah untukmencapai pertumbuhan.

Persiapan harus matang. Karena KNH 2021 akanmemberikan gagasan dan pemikiran untuk membantuIndonesia bisa tumbuh. Kemudian membangun skill set kompetensi untuk para praktisi Humas di lintas sektoraluntuk saling bersinergi. Lalu, mengekplorasi, mengidentifikasi dan memfasilitasi berbagai titiksinggung antara kalangan usaha swasta, entitaskomunitas publik, penggiat kemasyarakatan, akademisidan pemangku mandate sehingga menghasilkanpemikiran-pemikiran dalam mentransformasikan peranHumas dalam tataran strategis tetapi operasional sertadapat melahirkan gagasan-gagasan dalam menciptakanUndang-undang Kehumasan,terang Agung.

Ditambahkan Ketua Panitia KNH 2021 Hery Kurniawan, kegiatan kick off KNH 2021 dilakukan sebagai pembukarangkaian acara Menuju KNH 2021 yang akandilaksanakan pada 15 Desember 2021 mendatangsecara virtual, sekaligus me-launching logo KNH 2021.

Ini sebagai langkah awal menuju KNH 2021. KNH 2021 dan akan sangat menarik bagi Humas professional, pemerintah dan calon humas muda. Sebab KNH akanbanyak memberikan arahan tentang hal-hal yang perludipersiapkan dalam menghadapi berbagai tantangan. Arahan ini akan mendorong Humas untuk kreatif, inovatif dan optimis bahwa Humas bisa memberikankontribusi nyata terhadap pertumbuhan organisasi,” jelas Hery.

Founder-CEO Wehelpyou, Sutrisno secara khususmembahas mengenai lapangan kerja yang terbatas dan bagaimana mendapatkan ide-ide kreatif yang bisamembawa nilai dan dapat membantu masyarakat.

Membangun reputasi start-up yang baik merupakansalah satu syarat mendapatkan pendanaan. Karena itupenting sekali peran komunikasi dalam start-up untukmendapatkan kepercayaan investor,” pungkasnya.(ril)