13/04/2024 13:25
INTERNASIONAL

Gunung Aso di Jepang Meletus, Warga Diminta Waspadai Aliran Lava

Gunung Aso di Jepang meletus. Reuters

Fokusmedan.com : Sebuah gunung berapi di Pulau Kusyu, Jepang, Aso telah memuntahkan abu beberapa mil ke atas langit ketika meletus pada Rabu, (20/10/2021). Hal ini mendorong para pejabat untuk memperingatkan warganya untuk menghindari ancaman aliran lava dan batu yang jatuh, tetapi tidak ada laporan segera tentang jumlah korban atau kerusakan.

Badan Meteorologi Jepang melaporkan, gunung berapi tersebut memuntahkan gumpalan abu setinggi 3,5 kilometer ketika meletus sekitar pukul 11.43 waktu setempat.

Ini meningkatkan tingkat siaga untuk gunung berapi menjadi 3 pada skala 5, memberitahu warga untuk tidak mendekat dan memperingatkan risiko batu berukuran besar yang jatuh dan aliran piroklastik dalam radius sekitar 1 km di sekitar kawah gunung Nakadake sebagaimana dilansir Reuters.

Orang-orang diminta untuk tidak mendekati gunung dan diperingatkan akan risiko bebatuan yang jatuh serta aliran lava dalam radius sekitar 1 kilometer di sekitar kawah.

Hingga Rabu malam waktu setempat, belum ada laporan korban jiwa setelah gunung berapi tersebut erupsi.

Sebanyak 16 orang yang menaiki Gunung Aso pada sehari sebelumnya berhasil kembali dengan selamat.

Jaringan televisi menyiarkan gambar awan tebal yang menjulang di atas gunung berapi tersebut.

Abu yang jatuh dari gunung seteinggi 1.592 meter di Prefektur Kumamoto tersebut diperkirakan mengujani kota-kota terdekat sampai sore.

Gunung Aso sempat mengalai erupsi kecil pada 2019. Sementara itu, bencana vulkanik terburuk di Jepang selama 90 tahun terakhir terjadi ketika Gunung Ontake erupsi pada 2014, menewaskan 63 orang.(ng)