Manfaat Minuman Detoks Bagi Kesehatan Tubuh

Minuman detoks dengan menggunakan rempah dan bahan alami. Pixabay

Fokusmedan.com : Detoksifikasi atau proses membuang racun sering dikaitkan sebagai upaya menjaga kualitas kesehatan tubuh. Salah satu metode detoksifikasi yang populer adalah mengonsumsi minuman detoks dengan komposisi yang terbuat dari bahan alami.

Cara membuat minuman detoks sebenarnya cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri. Tapi sebelum itu, ada baiknya ketahui lebih dulu apa itu minuman detoks serta manfaatnya.

Apa Itu Minuman Detoks?
Sudah banyak kreasi minuman detoks yang dikonsumsi masyarakat. Mulai dari infused water, jus buah dan sayuran, serta minuman rempah.

Melansir CNN, Selasa (19/10/2021), jenis minuman detoks juga dinilai rendah kalori, sehingga direkomendasikan untuk yang menjalani diet sebagai pengganti minuman tinggi gula atau soda.

Proses detoks sebenarnya tidak selalu mengonsumsi minuman khusus. Anda dapat imbangi dengan metode lain yang tujuannya sama yaitu membantu membersihkan racun dalam tubuh.

Manfaat Minuman Detoks
Ada banyak jenis makanan dan minuman yang setiap hari dikonsumsi manusia. Selain itu, paparan zat kimia berbahaya bisa dikatakan tidak dapat dihindari dalam kehidupan sehari-hari.

Berbagai unsur zat asing yang kerap ditemui itu sebenarnya berpotensi memberi efek buruk pada kesehatan apabila dibiarkan menumpuk di tubuh begitu saja.

Sesekali melakukan detoks dengan minum minuman sehat sangat penting supaya tubuh terhindar dari kelebihan racun. Mengutip Healthline, minuman detoks memiliki banyak manfaat. Di antaranya:

Menurunkan berat badan
Menghilangkan racun dalam tubuh
Menyeimbangkan pH tubuh
Meningkatkan kesehatan pencernaan
Menambah fungsi kekebalan tubuh
Memperbaiki suasana hati
Menambah energi dalam tubuh
Memperbaiki tekstur kulit sehingga lebih sehat

Cara Membuat Minuman Detoks
Melansir Draxe, cara membuat minuman detoks harus memperhatikan komposisi yang digunakan. Pastikan bahwa bahan-bahannya memang berkualitas terbaik untuk detoksifikasi.

Salah satu bahan yang dianjurkan untuk minuman detoks adalah cuka apel karena telah terbukti meningkatkan metabolisme dan fungsi pencernaan Anda.

Selain itu boleh gunakan buah lemon yang memiliki efek alkali pada tubuh dan membantu mengatur tingkat pH, sekaligus menjaga kesehatan kulit berkat kandungan vitamin C.

Kayu manis, cabai rawit, dan jahe mengandung senyawa terapeutik yang bisa dicampur ke dalam minuman detoks.

Keunggulan rempah-rempah tersebut membantu mengurangi peradangan, melancarkan pencernaan, serta meningkatkan laju metabolisme untuk membakar lemak tubuh.

Bahan opsionalnya dapat menggunakan madu asli sebagai pemanis alami yang tidak menambah kalori.(ng)