Polda Sumut akan Panggil Pertamina Terkait Kelangkaan BBM

Fokusmedan.com : Kekosongan bahan bakar minyak (BBM) dibeberapa wilayah di Sumatera Utara menjadi sorotan oleh beberapa pihak, terkait hal itu Polda Sumut akan mengundang PT Pertamina Patra Niaga Sumbagut.

Kekosongan BBM itu, sudah berlangsung beberapa pekan disejumlah daerah di Sumut. Kosongnya stok BBM di SPBU membuat sebagian layanan ditutup dan terjadi antrian mengular di sejumlah SPBU seperti di Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang.

Kekosongan stok BBM jenis Pertalite, Pertamax dan biosolar sudah terjadi beberapa hari belakangan ini. Diduga terjadi pengurangan kuota pendistribusian dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) atau Depo ke SPBU-SPBU.

Terkait hal itu, Kapolda Sumut, Irjen Pol. RZ Panca Putra Simanjuntak mengatakan untuk memastikan penyebab kekosongan stok sejumlah jenis BBM. Pihaknya melalui Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Sumut mengundang PT Pertamina Patra Niaga Sumbagut.

“Hasil penyelidikan terjadi pengurangan dari Depo Pertamina ke SPBU-SPBU. Untuk itu, sudah memerintahkan untuk mengundang Kepala Pemasaran Pertamina Medan,” kata Kapolda, Jumat (15/10).

Dengan memanggil pihak Pertamina, Panca mengatakan dapat mengetahui persis penyebab berkurangnya kuota pendistribusian BBM tersebut, ke SPBU.

“Rapat sedang berlangsung, nanti kita akan apa alasan dan apa penyebabnya dikurangi jumlah kuota BBM di wilayah Sumatera Utara ini. Saya akan sampaikan lebih lanjut,” ucapnya.

Panca mengungkapkan diketahui terjadi pengurangan kuota pendistribusian BBM ke SPBU. Berdasarkan hasil investigasi dilakukan Polda Sumut yang turun langsung ke SPBU di Kota Medan.

“Masih kita dalami hasil wawancara kita dengan pemilik-pemilik SPBU, hasil resume. Ada pengurangan kuota dari Depo Pertamina ke SPBU. Apa penyebab Pertamina yang lebih tahu. Makanya kita buat rapat dengan Pertamina di Krimsus,” tambah jenderal bintang dua tersebut.

(Rio)