15/07/2024 19:29
SUMUT

Asrama Haji Bakal Tempat Karantina PMI

Fokusmedan.com : Asrama Haji yang merupakan salah satu lokasi isolasi terpusat (isoter) Kota Medan tidak lagi digunakan lagi untuk penderita Covid-19.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Sumut drg Ismail Lubis kepada wartawan, Minggu (10/10/2021).

Ia menjelaskan, Asrama Haji bakal segera difungsikan untuk menampung atau melakukan karantina bagi para Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru datang dari luar negeri.

“Kita menunggu bagaimana petunjuk dari pemerintah pusat. Untuk tenaga kesehatannya, akan disiapkan sedemikian rupa. Karena sebelumnya tempat ini sudah digunakan sebagai lokasi isolasi bagi pasien Covid-19,” sebutnya.

Oleh karena itu, PMI yang tiba di Bandara Kualanamu akan langsung dibawa ke Asrama Haji guna menjalani isolasi sebelum dipulangkan, untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Mengenai kebutuhan biaya tenaga kesehatan di Asrama Haji, lanjutnya, nantinya akan ditanggung oleh pemerintah pusat. Termasuk prioritas penggunaan gedung milik pemerintah.

“Dengan begitu, Pemprov Sumut melalui Satgas Covid-19 akan mempersiapkan tenaga kesehatan, bersama dengan tenaga jaga serta lainnya,” pungkasnya.(riz)