13/04/2024 12:53
SUMUT

Polres Binjai Ungkap Pencuri Mobil Antar Kabupaten di Sumut, 1 Tewas

Kapolres Binjai AKBP Ferio Sanio Ginting menggelar konferensi pers kasus pencurian mobil. Ist

Fokusmedan.com – Polres Binjai mengungkap sindikat pencuri mobil antar Kabupaten-Kota di Sumatera Utara (Sumut).

Dalam pengungkapan tersebut polisi menangkap tiga orang tersangka pencurian yakni AAP alias Agus (31) dan RBS alias Bayu (23) keduanya warga Jalan Rengas Medan Marelan.

Selain itu ketua sindikat berinisial BWP alias Lilik alias Golik meninggal dunia setelah mencoba kabur dan tertembak peluru polisi.

Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting mengatakan, penangkapan pelaku berawal dari laporan korban yang mengaku kehilangan satu unit mobil yang diparkirkan di depan rumahnya.

Mendapat laporan itu, kara Ferio, petugas melakukan penyelidikan dan menangkap AAP dan RBS pada 5 Oktober 2021.

Saat itu, kedua pelaku yang mengendarai mobil masuk ke dalam parit. Warga yang curiga melaporkan kejadian itu kepada petugas kepolisian.

“Petugas kita yang mendapat laporan turun ke lokasi. Petugas yang melakukan pemeriksaan terhadap mobil menemukan tiga kunci T,” ujarnya.

Saat dilakukan penyelidikan ternyata benar keduanya melakukan pencurian mobil. Petugas lalu melakukan pengembangan dan menerima informasi bahwa BWP alias Golik berada di Langkat.

“Petugas langsung turun ke lokasi dan melakukan penangkapan. Pelaku melakukan perlawanan sehingga petugas memberikan tindakan tegas terukur dan mengenai kaki sebelah kanannya. Pelaku dibawa ke RSU Djoelham Binjai. Namun saat mendapat perawatan, pelaku meninggal dunia,” ujarnya.

Ia mengatakan, pelaku melakukan aksinya secara berulang di wilayah Medan, Deli Serdang, Binjai, dan Langkat.

“Untuk mengelabuhi petugas, pelaku mengganti pelat kendaraan hasil curian. Petugas masih melakukan pengembangan untuk mencari penadahnya. Pelaku dipersangkakan dengan Pasal 363 KUHPidana dengan ancaman 9 tahun penjara,” tandasnya.

(Rio)