24/06/2024 10:17
NASIONAL

Hasil Pemeriksaan Kapolda Sumsel soal Sumbangan Rp 2 Cuma Dilaporkan ke Kapolri

Fokusmedan.com : Tim internal Itwasum Polri dan Paminal Propam Polri diturunkan dalam melakukan pemeriksaan internal terhadap Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Eko Indra Heri. Pemeriksaan dilakukan terkait sumbangan keluarga Akidi Tio sebesar Rp2 triliun.

Kadiv Humas Polri Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, hasil pemeriksaan terhadap Eko Indra akan dilaporkan kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

“Itu adalah masalah internal ya, dan nanti hasilnya dilaporkan ke bapak Kapolri,” kata Argo kepada wartawan, Selasa (10/8).

Menurutnya, hasil pemeriksaan itu nantinya tidak bisa disampaikan dan hanya dilaporkan hasilnya kepada Kapolri. Hal ini dikarenakan masih permasalahan internal Polri.

“Hasilnya dilaporkan ke bapak kapolri, tidak bisa kami sampaikan, karena berkaitan dengan internal kepolisian,” tegasnya.

Sedangkan, untuk putri bungsu Akidi Tio yakni Heryanty masih dalam proses pemeriksaan petugas.

“(Untuk kasus penangan putri bungsu Akidi) Ya tentunya nanti dari Penyidik Polda Sumatera Selatan nanti akan melihat di sana, apakah yang bersangkutan itu telah dilakukan penyelidikan akan memenuhi unsur daripada yang dipersangkakan ya,” jelasnya.

Sebelumnya, Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Eko Indra Heri akan jalani pemeriksaan oleh tim internal dari Itwasum dan Paminal Propam Polri Mabes Polri untuk jalani pemeriksaan terkait kasus sumbangan Rp2 triliun dari pengusaha Akidi Tio.

“Kedua, Kapolda Sumsel dari Mabes Polri sudah turunkan tim internal dari Itwasum, Laminal Propam. Kami ingin jelas lihat kasus itu bagaimana sebenarnya,” kata Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono saat konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Rabu (4/8).

Terkait hasil, Argo menyampaikan sampai saat ini pihaknya masih menunggu hasil pemeriksaan penyelidikan Itwasum dan Paminal Propam yang telah berangkat ke Sumsel.

“Tentunya kami ingin melihat kejelasannya seperti apa. kasusnya bagaimana dan itu ranah daripada klarifikasi internal. kita tunggu saja hasil daripada kegiatan penyelidikan dan pemeriksaan internal dari Mabes Polri,” ujarnya.

5 Orang Diperiksa

Sementara itu terkait pemeriksaan kasus ini, Argo mengatakan bahwa penyidik dari Polda Sumsel yang menangani kasus ini telah memeriksa lima saksi.

“Yaitu kepada yang bersangkutan bu Heriyanti, Pak Dermawan itu, dan dengan temen-temannya saudara lain yang mengetahui. Dan nanti juga ada ahli akan kami mintai keterangan di sana ini untuk prosesnya oleh penyidik,” sebutnya.(yaya)