20/06/2024 4:28
SUMUT

Kota Binjai dan Pematang Siantar Zona Merah Covid-19

Fokusmedan.com : Data Satgas Covid-19 melalui laman https://covid19.go.id/peta-risiko mencatat dua daerah di Sumut yakni Kota Binjai dan Pematang Siantar statusnya menjadi zona merah, Kamis (5/8/2021).

Adanya peningkatan status tersebut, maka Sumut memiliki lima zona merah yaitu, Kota Binjai, Medan, Pematangsiantar, Deliserdang dan Dairi.

Sedangkan dua daerah yang turun ke zona oranye yakni Kabupaten Karo dan Kota Padang Sidempuan. Selanjutnya daerah berzona oranye saat ini berjumlah 24 Kabupaten/Kota termasuk Pakpak Bharat, Samosir, Nias Barat, Tanjungbalai, Tebingtinggi, Labuhanbatu, Mandailing Natal, Serdangbedagai.

Kemudian Batubara, Gunungsitoli, Tapanuli Tengah, Toba, Labuhanbatu Selatan, Sibolga, Tapanuli Selatan, Simalungun, Humbahas, Labuhanbatu Utara, Nias Utara, Tapanuli Utara, Langkat dan Asahan.

Untuk zona kuning (risiko rendah) terdapat empat daerah, yakni Padang Lawas, Nias, Padang Lawas Utara dan Nias Selatan. Sementara untuk zona hijau, sejauh ini Sumut belum kembali mendapatkannya alias nihil.

Adapun katagori zona risiko ini diambil dari setiap indikator baik epidemiologi, surveilans kesehatan masyarakat, dan pelayanan kesehatan dengan diberikan skoring dan pembobotan lalu dijumlahkan pertanggal 1 Agustus 2021.

Jumlahnya yakni, 0 – 1.80 untuk zona risiko tinggi, 1.81 – 2.40 untuk zona risiko sedang, 2.41 – 3.0 untuk risiko rendah, zona tidak terdampak karena tidak tercatat kasus Covid-19 positif dan zona tidak ada kasus yang sebelumnya pernah terdapat kasus namun tidak ada penambahan kasus baru dalam empat minggu terakhir serta angka kesembuhan ≥95 persen.(riz)