17/06/2024 18:42
EKONOMI & BISNIS

Pemberlakuan PPKM Darurat, Pelanggan KA Lokal Turun Hingga 80%

Penumpang KA lokal sedang membeli tiket di stasiun Medan. Ist

Fokusmedan.com : Sejak masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat  mulai 12 Juli lalu, PT KAI Divre I Sumatera Utara (Sumut) mencatat jumlah pelanggan KA Lokal pada periode 12-18 Juli sebanyak 3.567 pelanggan. Jumlah itu turun 80% dibanding jumlah pelanggan KA Lokal pada periode 5-11 Juli yaitu sebanyak 18.029 pelanggan.

Secara keseluruhan, jumlah pelanggan yang memanfaatkan moda transportasi KA juga mengalami penurunan signifikan. Di mana pada periode 12-18 Juli jumlah pelanggan mencapai 4.228. Angka ini turun 80% dari periode 5-11 Juli yang mencapai 20.479 pelanggan.

“Penurunan jumlah pelanggan KA Lokal ini menunjukkan bahwa masyarakat di luar pekerja sektor esensial dan kritikal telah mematuhi aturan untuk tidak bepergian menggunakan KA Lokal di masa PPKM Darurat,” kata Vice President PT KAI Divre I Sumut, Daniel Johannes Hutabarat, Rabu (21/7/2021).

“Pengetatan persyaratan pelaku perjalanan pada masa PPKM Darurat terbukti efektif sehingga dapat optimal menekan dan membatasi pergerakan masyarakat pada masa pandemi,” tambah Daniel.

Pihaknya memberikan apresiasi kepada masyarakat khususnya pengguna KA Lokal atas pengertian dan kerja samanya dalam mematuhi ketentuan tersebut. KAI akan terus melakukan sosialisasi terkait ketentuan perjalanan baik KA Lokal maupun KA Antar Kota pada masa PPKM Darurat agar masyarakat semakin banyak yang mengetahui aturan ini.

“Kami juga berterimakasih kepada seluruh pihak yang telah membantu jalannya penerapan syarat baru bagi perjalanan KA Lokal pada masa PPKM Darurat ,” kata Daniel.(ng)