Melihat Orang Utan hingga Trekking di Gunung, Ini 3 Aktivitas Ekowisata Seru di Sumut

Fokusmedan.com : Sumatra Utara (Sumut) menyimpan sejuta keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Beragam destinasi wisata alam bisa dengan mudah Anda datangi di sini.

Bagi yang ingin berlibur sekaligus belajar tentang alam, di Sumut juga terdapat beberapa alternatif pilihan destinasi yang bisa dikunjungi. Di antaranya ada Taman Nasional Gunung Leuser, Gunung Sibayak, dan Bukit Lawang.

Wisatawan yang datang ke destinasi tersebut, tidak hanya sekadar menghabiskan waktu sambil menikmati indahnya pemandangan, namun sekaligus bisa mengenal tentang alam sekitar, serta flora dan fauna langka yang perlu dilestarikan.

Melansir dari unggahan di Instagram @disbudparsumut, berikut deretan destinasi ekowisata yang bisa dikunjungi di Sumut.

Melihat Orang Utan di Taman Nasional Gunung Leuser

terjebak pandemi covid 19 ini potret keseruan pasangan bule inggris di bukit lawang

Di Sumut, tepatnya di Taman Nasional Gunung Leuser, wisatawan bisa melihat dan bertemu dengan beragam hewan maupun tumbuhan langka yang terancam punah. Salah satunya adalah orang utan.

Tak hanya itu, di sini wisatawan juga bisa melihat badak dan gajah, serta sekitar 1.000 spesies tumbuhan langka lainnya. Wisatawan bisa menyaksikan orang utan dan satwa liar lainnya hidup di habitat mereka.

Selain itu, wisatawan akan berkesempatan menikmati indah dan asrinya hutan hujan pegunungan yang rimbun tanpa mengganggu satwa liar yang hidup di dalamnya.

favorit di kalangan pendaki pemula ini 4 fakta menarik gunung sibayak

Gunung Sibayak merupakan salah satu gunung yang jadi favorit para pendaki gunung. Terkenal dengan asap belerang yang beruap dan sunrise yang indah, Gunung Sibayak ini menjadi lokasi trekking favorit yang sering dikunjungi wisatawan.

Para pendaki bisa memulai perjalanan dari 2 titik, yakni sebelah barat laut Berastagi atau dari dasar Gunung Sibayak. Dari sini, wisatawan akan disuguhkan dengan panorama air terjun yang jalur trekking di tengah hutan yang eksotis.

Di puncak gunung ini, pendaki bisa melihat kawah gunung berapi yang mengeluarkan asap belerang yang sering dijadikan sebagai spot foto favorit bagi wisatawan.

Melihat Rafflesia Raksasa di Bukit Lawang

rafflesia arnoldii

Bunga Rafflesia Arnoldi merupakan salah satu bunga yang tergolong langka. Namun, wisatawan bisa melihat bunga cantik berwarna merah ini jika berkunjung ke Bukit Lawang.

Bukit Lawang sendiri merupakan salah satu objek wisata yang luas, yang letaknya di tepi Taman Nasional Gunung Leuser. Di sini, terdapat beberapa Rafflesia berukuran sangat besar.

Wisatawan bisa menjumpai bunga ini saat melakukan trekking di sekitar area Bukit Lawang. Selain itu, wisatawan akan disuguhkan dengan keasrian hutan dan pemandangan selama perjalanan trekking.(yaya)