14/06/2024 6:18
INTERNASIONAL

Malaysia Jelang Pemulihan Tahap 2, Pembatasan karena Covid-19 Akan Dilonggarkan

Fokusmedan.com : Pembatasan karena Covid-19 akan dilonggarkan di lima negara bagian Malaysia mulai besok, 5 Juli, seiring negara itu akan memasuki rencana masa pemulihan tahap kedua, kata Menteri Senior Ismail Sabri Yaakob, kemarin.

Dilansir dari laman Channels News Asia, Sabtu (3/7), kelima negara bagian itu adalah Kelantan, Terengganum, Perak, Pahang, dan Perlis.

Dalam jumpa pers bersama Menteri Keuangan Tengku Zafrul Abdul Aziz, Ismail mengatakan pusat-pusat bisnis akan diizinkan kembali dibuka di lima negara bagian tersebut, termasuk toko yang menjual peralatan komputer, alat tulis kantor, toko buku, dan toko telekomunikasi.

“Perjalanan di dalam kawasan dan antarnegara bagian masih dilarang, namun kegiatan sekolah yang akan memasuki masa ujian membolehkan guru dan murid bepergian ke sekolah,” ujar Ismail Sabri.

Pasangan menikah yang tinggal berjauhan juga dibolehkan bertemu tapi dengan syarat keadaan darurat dan atas seizin pihak kepolisian.

“Sektor bisnis esensial juga boleh meningkatkan jumlah tenaga kerja hingga 80 persen (sekarang masih 60 persen) tapi pihak pemberi kerja dan karyawannya harus memastikan jaga jarak sosial dan protokol kesehatan dijalankan.”

Menteri Keuangan juga mnejelaskan parameter untuk peralihan ke tahap pemulihan nasional selanjutnya akan diberlakukan. Parameter ini termasuk angka rata-rata kasus harian, jumlah keterisian ruang ICU dan tingkat vaksinasi.

Parameter ini dengan demikian bisa membuat setiap negara bagian menjalankan proses peralihan tahap pemulihan lebih awal dibanding menunggu kondisi nasional yang bisa memakan waktu lebih lama.

Malaysia saat ini berada dalam tahap pertama dari empat tahap Rencana Pemulihan Nasional. Kasus harian Covid-19 harus di bawah 4.000 kasus per harian sebelum menuju pemulihan tahap kedua.

Untuk memasuki tahap pemulihan ketiga, kasus harian harus di bawah 2.000 dan tingkat keterisian rumah sakit berada dalam jumlah aman dan 40 persen dari penduduk Malaysia sudah menerima dua dosis vaksin.

Tahap keempat atau tahap akhir pemulihan akan diberlakukan pada akhir Oktober dengan harapan kasus harian berada di bawah 500 dan 60 peren warga sudah divaksin.

Sabtu kemarin Malaysia mencatat 6.658 kasus Covid-19 hingga total nasional mencapai 770.000 kasus.

Sebagian besar wilayah Selangor dan Kuala Lumpur dalam kondisi Perintah Kawalan Pergerakan (MCO) sejak Sabtu kemarin hingga 16 Juli mendatang untuk menahan laju penyebaran Covid-19.

Aturan ini melarang warga keluar rumah setelah pukul 20.00 malam dan hanya satu orang dari tiap rumah tangga yang boleh keluar untuk keperluan tertentu.(yaya)