14/07/2024 8:04
NASIONAL

657 Balita di Kabupaten Bekasi Terpapar Covid-19

Seorang anak mengenakan masker untuk menghindari risiko tertular Covid-19. detikcom

Fokusmedan.com : Pemerintah Kabupaten Bekasi meminta orangtua mewaspadai penyebaran Covid-19 terhadap anak-anak. Pasalnya, jumlah anak yang terpapar virus ini sangat tinggi. Hingga hari ini, anak-anak di Bekasi yang terkonfirmasi positif tembus 657 orang.

Bupati Bekasi, Eka Supri Atmadja mengatakan, sebanyak 657 balita atau anak-anak usia di bawah lima tahun terpapar corona. Penularan corona terhadap anak mengalami peningkatan dalam satu bulan terakhir, bersamaan dengan terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di Kabupaten Bekasi.

“Ratusan balita yang terpapar Covid-19 ini karena tertular dari salah satu anggota keluarganya. Klaster keluarga ini anak-anak otomatis kontak erat dengan keluarganya,” kata Eka dikutip dari laman Okezone.com, Rabu (23/6/2021).

Menurut dia, penanganan anak sama dengan lansia. Anak-anak diisolasi bersama keluarganya.

Seperti yang terjadi di beberapa kasus, bapak, ibu dengan anak-anaknya yang berjumlah dua hingga tiga orang di isolasi secara bersama-sama. Kemudian, dalam penanganan anak-anak yang menjalani isolasi perlu penanganan yang lebih spesifik, baik itu di tempat isolasi maupun di rumah sakit.

“Di tempat isolasi itu mereka (anak-anak) di-follow-up oleh medis lebih ketat. Kenapa, karena perilaku anak-anak ini, terkait apa-apa yang tidak boleh pada saat menjalani isolasi. Itu yang perlu pendampingan,” jelasnya

Untuk itu, Eka mengimbau agar masyarakat mematuhi protokol kesehatan secara ketat agar terhindar dari penularan Covid-19. Yakni memamai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Para orangtua juga diminta untuk tidak membawa anak-anak keluar rumah jika tidak sangat penting. Sebab, anak-anak rentan terpapar corona apalagi semenjak munculnya virus varian Delta lebih menyerang ke anak-anak dan remaja.

Dilansir dari https://pikokabsi.bekasikab.go.id/ pada Rabu (23/6/2021), penambahan kasus Covid-19 sebanyak 176 sehingga total kasus sebanyak 30124. Sedangkan pasien sembuh bertambah 215, total menjadi 2709. Untuk meninggal tidak ada penambahan masih 304 orang, total kasus aktif 469 dirawat di rumah sakit dan 1442 isolasi mandiri.(ng)