Rupiah Ditutup Melemah Tipis Rp14.295 per USD

Fokusmedan.com : Nilai tukar Rupiah ditutup melemah tipis 10 poin dilevel Rp14.295 per USD dari penutupan sebelumnya di level Rp14.285 per USD. Sedangkan untuk perdagangan selanjutnya, mata uang Rupiah kemungkinan dibuka berfluktuatif namun ditutup menguat direntang Rp14.295 hingga Rp14.325 per USD.

Direktur PT TRFX Garuda Berjangka, Ibrahim mengatakan, Bank Indonesia (BI) menyatakan, Indonesia harus mewaspadai berbagai risiko yang bisa menghalangi pertumbuhan ekonomi tahun ini. Sedangkan target pertumbuhan ekonomi 6 persen di tahun 2021 sangat bergantung dari kemampuan pemerintah dalam meredam pandemi Covid-19.

“Selain itu, Indonesia sebagai negara pengimpor vaksin juga mendapat tantangan tersendiri untuk mengendalikan pandemi,” ujar Ibrahim dalam riset harian, Jakarta, Jumat (4/6).

Pertumbuhan ekonomi bagi negara yang memproduksi vaksin, bakal lebih cepat. Untuk itu, pemerintah dinilai tak boleh hanya mengandalkan vaksinasi. Faktor pengendalian dan meningkatkan kepercayaan masyarakat untuk melakukan mobilitas menjadi penting untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 6 persen.

Disisi lain, perbankan saat ini masih kelebihan likuditas. Artinya penyaluran kredit juga masih lemah untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi. Kemudian mulai dari episentrum pandemi yang bergeser, sehingga akses dan kecepatan vaksinasi masih belum bertambah.

“Selain itu, pertumbuhan ekonomi kuartal I-2021, di berbagai negara masih negatif sehingga mempengaruhi ekonomi Indonesia itu sendiri,” katanya.(yaya)