24/06/2024 0:21
Uncategorized

Jenis Teknologi Masa Depan Super Canggih, Ketahui Dampak Penggunaannya

Fokusmedan.com : Jenis teknologi masa depan merupakan hasil dari pemikiran manusia yang seiring berjalannya waktu terus mengalami perkembangan. Perkembangan tersebut tak lain berasal dari berbagai permasalahan hidup dan kebutuhan yang seringkali dihadapi.

Munculnya teknologi masa depan merupakan salah satu bentuk perkembangan zaman yang terus berjalan semakin cepat. Bahkan, saat ini manusia pun telah memiliki deretan hasil teknologi yang semakin memudahkan untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Meski memudahkan hidup manusia dan berdampak positif, namun hadirnya teknologi masa depan juga mampu menimbulkan pengaruh negatif. Banyak hal di masa kini yang dianggap akan musnah jika manusia menggunakan teknologi masa depan dengan kemampuan super canggih.

Lantas, jenis teknologi masa depan apa saja yang diperkirakan akan muncul tersebut? Simak ulasan selengkapnya berikut ini, dirangkum dari berbagai sumber.

Warp Drive

Jenis teknologi masa depan yang pertama adalah disebut dengan istilah warp drive. Warp drive merupakan produk yang hadir dari inovasi manusia seiring berjalannya waktu dan meningkatnya kebutuhan manusia.

Warp drive tak lain adalah sebutan bagi sebuah teknologi canggih yang memungkinkan manusia untuk dapat menjelajah seluruh alam semesta. Konsep dari warp drive tersebut yakni tak jauh berbeda dengan pesawat luar angkasa modern.

Meski masih dalam tahap wacana, namun jenis teknologi modern yang satu ini dianggap memiliki banyak dampak negatif. Salah satunya yakni disebut dapat merusak tatanan sistem surya karena kecepatannya yang dapat menghancurkan partikel di luar angkasa.

Nanobot

Selain warp drive, jenis teknologi masa depan yang diperkirakan akan segera diciptakan adalah nanobot. Nanobot merupakan senjata yang memiliki ukuran super kecil dan mampu digunakan di bidang kesehatan.

Karena kelebihannya yang berukuran kecil, teknologi tersebut dapat masuk dan memengaruhi sel-sel tubuh manusia. Hal ini membuat nanobot juga mendapatkan banyak pro dan kontra lantaran daya hasilnya yang lebih efektif untuk menghancurkan musuh di medan perang.

Mesin Artificial Intelligence

Hingga saat ini, sudah mulai banyak tercipta kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) yang digunakan untuk membantu aktivitas manusia. Di masa depan, teknologi yang satu ini pun ditaksir akan semakin lebih efektif dan super canggih.

Berbagai hasil dari teknologi masa depan yang satu ini yakni seperti robot dengan kemampuan bergerak, berpikir, dan berbicara. Hal ini dianggap mampu membuat aktivitas manusia menjadi semakin ringan, cepat, dan efisien tanpa membutuhkan banyak waktu serta biaya.

Drone Perang Otomatis

Drone merupakan salah satu produk teknologi yang kini banyak ditemui. Jenis teknologi yang satu ini kerap digunakan untuk ilmu pengetahuan maupun hiburan seperti pemetaan data, pertanian, hingga fotografi.

Di masa depan, teknologi drone diperkirakan akan dipergunakan sebagai alat dan senjata perang yang canggih. Teknologi masa depan tersebut jelas menimbulkan banyak dampak negatif bagi peradaban umat manusia di muka bumi.

Sebab, drone perang otomatis tersebut dapat menghasilkan kekuatan luar biasa dan mampu menghancurkan tempat dalam waktu sekejap. Kesalahan penggunaan teknologi canggih tersebut dapat menimbulkan kehancuran secara masif.(yaya)