Lakukan Hal Mudah Ini, maka V-Belt Bebas Putus

Fokusmedan.com : Motor jenis skutik memang tidak dilengkapi dengan rantai seperti halnya motor yang dioperasikan secara manual. Namun motor jenis ini memiliki komponen V-belt yang sangat dibutuhkan sebagai bahan pengganti rantai yang berfungsi mentransfer tenaga dari mesin ke roda belakang.

Melihat pentingnya fungsi V-belt, sangat disarankan bagi para pecinta motor matik untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan V-belt sepeda motor secara rutin, sehingga potensi terjadinya kerusakan pada komponen ini dapat dicegah.

Mengingat masalah yang dapat muncul ketika V-Belt mengalami kerusakana tidak hanya akan menimbulkan ketidaknyamanan berkendara, namun juga berpptensi menimbulkan bahaya, terutama ketika V-belt putus ketika sedang berkendara.

Erwin Chandra, Senior Instructor Technical Service PT Indako Trading Coy selaku main dealer Honda di wilayah Sumatera Utara (Sumut) mengungkapkan kondisi V-belt putus memang jarang terjadi, namun potensi tersebut bisa saja mengancam, apalagi jika pemilik sepeda motor tidak memberi perhatian atau tidak melakukan perawatan secara rutin maupun penggantian spare part pada motornya.

Menurut Erwin, selain V-belt putus, beberapa masalah lainnya yang dapat terjadi pada V-belt yaitu V-belt aus dan menimbulkan bunyi, akselerasi kendaraan menurun, dan V-belt retak.

Namun menurutnya hal tersebut dapat dicegah dengan cara melakukan perawatan motor secara berkala di bengkel resmi, dan melakukan pemeriksaan rutin setiap 8 ribu kilometer atau minimum selama delapan bulan sekali.

Kelalaian dalam memperhatikan kondisi V-belt juga dapat mengakibatkan kerugian besar yang akan sangat disesalkan.

Karena jika masalah pada v-belt tidak disadari, maka bukan tidak mungkin kerusakan yang terjadi pada V-belt akan lebih parah, bahkan menjalar ke beberapa komponen pentingnya lainnya, sebut saja rusaknya roller, rumah roller, atau bahkan crank shaft.

“Dengan semangat Satu Hati, Honda berupaya mengajak para pecintanya untuk lebih memperhatikan kondisi motor kesayangannya dengan melakukan perawatan rutin ke bengkel AHASS guna mendapat perawatan dan pemeriksaan kondisi berbagai komponen motor secara berkala bersama para mekanik berpengalaman. Sehingga tidak hanya motor yang selalu prima, namun kenyamanan berkendara juga menjadi teman di perjalanan, “ ujar Erwin Chandra.(ril)