Kapolri Minta Jajaran Bersabar Hadapi Pemudik saat Bertugas di Pos Penyekatan

Fokusmedan.com : Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta jajarannya dapat bersabar saat bertugas menegakkan aturan larangan mudik Lebaran 2021. Terlebih di masa pandemi Covid-19 belum kunjung usai.

“Terus bersabar dan memberikan sosialisasi kepada para pemudik, dengan harapan keluarga kita tidak terdampak Covid-19,” kata Sigit saat meninjau penyekatan mudik di Cikarang, Jawa Barat, Rabu (12/5).

Sigit mengingatkan, yang dihadapi oleh para petugas lapangan adalah kegiatan yang ada di wilayah aglomerasi. Untuk itu, penegakan PPKM Mikro di wilayah-wilayah tujuan mudik juga mesti ditingkatkan.

“Sehingga setiap tamu yang kemungkinan ada juga yang lolos dari kegiatan penyekatan mungkin dilaksanakan pemeriksaan. Sehingga kita yakin bahwa semua yang masuk ke wilayah mudik dalam kondisi sehat, dalam kondisi sudah diperiksa, dan yakin mereka dalam posisi negatif Covid,” ujar dia.

Termasuk juga arus balik menuju Jakarta mantinya, lanjut Sigit, jajarannya berperan memperkuat PPKM Mikro. Sebab, gelombang meningkatnya angka Covid-19 pada saat arus mudik dan arus balik perlu menjadi perhatian utama.

“Kita harapkan angka bisa betul kita tekan di bawah 2 ribu, sehingga kalau ini bisa dilakukan dengan baik program-program lain yang terkait pemulihan ekonomi nasional ini bisa berjalan,” tandasnya.(yaya)