Tarekat Naqsabandiyah Sumut Tetapkan Idul Fitri pada 12 Mei

Fokusmedan.com : Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Al Jalaliyah di Sumatera Utara, menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah pada Rabu tanggal 12 Mei 2021.

“Di Tarekat kita, sesuai arahan tuan guru kita, 1 Syawal (Hari Raya Idul Fitri) jatuh pada tanggal 12 Mei,” tutur seorang Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Al Jalaliyah, Syekh Muda Markum kepada wartawan, Senin (10/5/2021).

Ia menjelaskan pelaksanaan Salat Idul Fitri akan dilaksanakan di Bandar Tinggi, Simalungun.

“Terkait dengan pelaksanaan salat Ied di Marendal kita belum tahu dilaksanakan atau tidak, tapi di Bandar Tinggi sudah pasti dilaksanakan. Di Bandar Tinggi perkiraan 1500-an (jemaah),” ungkap Syekh Muda Markum.

Ia menerangkan, Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah menetapkan 1 Syawal 1442 Hijriah ini, dengan metode hisab qamariyah.

“Kalau kita menentukan 1 Syawal dimulai dari penetapan 1 Ramadan itu. Kalau Ramadan kan kita mulai dari hisab qamariyah,” jelas Syekh Muda.

Sebelumnya, Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Al Jalaliyah di Sumatera Utara, menetapkan 12 April 2021, sebagai awal bulan suci Ramadan 1442 Hijriah.

Ia menuturkan selama menjalankan ibadah di bulan Ramadan, Jemaah Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah Jalaliyah, tetap mengikuti aturan protokol kesehatan (Prokes) pencegahan Covid-19, seperti memakai masker, menjaga jarak dan lainnya.

“Kita tetap ikuti Prokes secara disiplin dalam setiap kegiatan ibadah. Makanya kita belum ada yang terpapar Covid-19,” tukasnya.(Rio)