CEK FAKTA: Tidak Benar Foto Ini Hasil CT Scan Paru-Paru Orang Divaksin & Belum

Fokusmedan.com : Beredar di media sosial yang diklaim sebagai foto visual laporan CT scan paru-paru seseorang yang sudah divaksinasi Covid-19 dan pasien positif Covid-19.

Pada foto disebutkan pada CT scan pasien yang telah divaksin, paru-parunya tampak tak ada bercak. Sementara paru-paru pasien positif Covid-19, terdapat bercak. Pada foto itu juga terdapat narasi bertuliskan sebagai berikut:

Can you see why you should get vaccinated at the first chance you get?
See the CT scan difference between two COVID positive patients.
Dr. Sumit K Dubey shared this on Twitter.”

Terjemahannya:

Dapatkah Anda melihat, mengapa Anda harus divaksinasi pada kesempatan pertama?
Lihat perbedaan CT scan antara dua pasien positif COVID.
Dr. Sumit K Dubey membagikan ini di Twitter.

Penelusuran

Hasil penelusuran, dilansir dari Factly.in dalam artikel berjudul “This CT Scan report does not represent the lungs of a COVID-19 vaccinated person” dijelaskan foto tersebut tidak ada kaitannya dengan CT Scan paru-paru pasien yang telah disuntik vaksin.

Foto tersebut diterbitkan pada April 2020, yang merupakan bagian dari penelitian oleh Rumah Sakit Vancouver, British Columbia University, bekerja sama dengan the Vancouver Coastal Health Research Institute untuk memprediksi virus Covid-19 menggunakan CT scan. Adapun pada April 2020, program vaksinasi Covid-19 belum dijalankan.

Sementara unggahan tersebut dibagikan dengan maksud untuk mendorong orang-orang agar divaksinasi Covid-19, yang merupakan kebutuhan saat ini. Gambar tersebut tidak mewakili paru-paru orang yang divaksinasi Covid-19.

Singkatnya, laporan CT scan ini terkait dengan studi penelitian tentang pendeteksian virus Covid menggunakan CT scan, bukan terkait dengan vaksinasi.

Kesimpulan

Foto perbandingan CT scan menunjukkan paru-paru seseorang yang sudah divaksinasi Covid-19 dan pasien positif Covid-19 adalah keliru.

Faktanya, laporan CT scan ini terkait dengan studi penelitian tentang pendeteksian virus Covid menggunakan CT scan, tidak terkait dengan vaksinasi.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.(yaya)