Bantu Krisis Covid-19 di India, Singapura Kirim Oksigen dan Ventilator

Tangki oksigen yang dikirim Temasek ke India. ©Facebook Temasek via Channel News Asia

Fokusmedam.com : Perusahaan investasi pemerintah Singapura, Temasek menyampaikan pada Minggu (25/4), peralatan medis seperti persediaan oksigen dikirim dari Singapura saat India menghadapi lonjakan kasus Covid-19.

Empat tabung silinder oksigen, disumbangkan
oleh Tata Group India, mendarat di negara bagian West Bengal pada Sabtu malam, kata perusahaan tersebut dalam sebuah unggahan Facebook.

Tangki oksigen itu diangkut dari Bandara Internasional Changi oleh sebuah pesawat C-17 Angkatan Udara India dan tiba di pangkalan udara Panagarh di West Bengal.
Temasek menyampaikan, peralatan medis lainnya, termasuk konsentrator oksigen dan mesin ventilator, akan dikirim untuk membantu “masyarakat lokal yang sangat membutuhkan.”

“Gelombang pertama pasokan medis akan tiba di Mumbai malam ini (Minggu), yang dipasok untuk berbagai rumah sakit dan pusat penanganan Covid di seluruh negeri,” jelasnya, dikutip dari Channel News Asia, Senin (26/4/2021).

Konsentrator oksigen adalah alat yang memusatkan oksigen dari udara sekitar dengan menghilangkan nitrogen. Rumah sakit di India telah melaporkan kehabisan pasokan oksigen karena kota-kota tengah berjuang dengan beban kasus virus corona yang telah mencapai titik tertinggi setiap hari selama sepekan terakhir.

Pada Minggu, India mencatat 349.691 kasus baru, rekor global dalam empat hari berturut-turut.

Perdana Menteri Narendra Modi mendesak semua masyarakat divaksinasi dan waspada. PM Modi juga mengatakan ‘badai’ infeksi telah mengguncang negaranya.

Di Delhi, ibu kota negara, lockdown yang sedianya akan berakhir hari ini, Senin (26/4), telah diperpanjang selama sepekan sebagai upaya menghentikan penyebaran virus.(ng/merdeka.com)