Bentrokan Israel dan Palestina Terus Berkobar di Yerusalem

Polisi perbatasan Israel menahan anggota “Lahava” saat mencoba mendekati Gerbang Damaskus. AP

Fokusmedan.com : Bentrokan warga Palestina dengan polisi Israel membara di tengah bulan Ramadhan, dengan tembakan roket oleh pasukan militan di Jalur Gaza dan protes di kota-kota Palestina di seluruh Tepi Barat yang diduduki.

Bentrokan dan insiden kekerasan terjadi setiap malam di Yerusalem, kota suci bagi Muslim, Kristen, dan Yahudi, sejak awal Ramadhan pada 13 April.

Ketegangan lebih tinggi dari biasanya dimulai pada Kamis (22/4/2021), ketika pemuda Palestina protes dengan larangan berkumpul selama bulan Ramadhan.

Di sisi lain, warga Israel marah dengan warga Palestina yang dilaporkan melalui video media sosial telah menyerang orang-orang religius Yahudi.

Polisi sebagian besar berhasil memisahkan para demonstran pada Kamis (22/4/2021), dengan banyak pengunjuk rasa sayap kanan Israel yang meneriakkan, “Matilah orang Arab”, seperti yang dilansir dari Reuters pada Sabtu (24/4/2021).

Namun, ketegangan meningkat dan meluas pada Jumat malam hingga Sabtu pagi, ketika para pemuda Palestina kembali berkumpul di luar tembok Kota Tua. Seketika terjadilah bentrokan dengan ratusan polisi yang memakai perlengkapan anti-huru-hara.

Warga Palestina melempari batu ke arah polisi yang menembakkan meriam air. Lainnya, melemparkan batu ke gedung pengadilan Israel dan menghancurkan kamera keamanan.

Tiga roket ditembakkan dari Jalur Gaza menuju Israel pada Jumat malam, kata militer Israel, setelah penguasa Gaza, Hamas dan kelompok militan lainnya di sana mengeluarkan seruan bersama untuk Palestina melakukan perlawanan di Yerusalem.

Dua roket meledak di dekat perbatasan Israel-Gaza, lalu tembakan roket ketiga dapat dicegat oleh sistem Kubah Besi Israel.

Tidak ada laporan korban luka, menurut militer Israel. Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan, 8 warga terluka pada Jumat malam dalam bentrokan dengan polisi. Dua di antaranya dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan.

Di Tepi Barat, pemuda Palestina bentrok dengan pasukan Israel di sekitar pos pemeriksanaan militer di dekat beberapa kota Tepi Barat.(ng)

Sumber : Reuters/Kompas.com