20/04/2024 5:54
INTERNASIONAL

Dubes RI Rachmat Budiman Serahkan Surat Kepercayaan ke Raja Thailand

Dubes RI Rachmat Budiman serahkan Surat Kepercayaan ke Raja Thailand. KBRI Bangkok

Fokusmedan.com : Duta Besar RI untuk Thailand Rachmat Budiman pada Selasa (20/4/2021) menyerahkan surat kepercayaan (Letter of Credence) dari Presiden Joko Widodo kepada Raja Thailand Maha Vajiralongkorn Phra Vajiraklaochaoyuhua.

Penyerahan surat kepercayaan itu dilakukan di Ambara Villa, Istana Dusit, Bangkok melalui prosesi Royal Audience, seperti disampaikan dalam keterangan tertulis KBRI Bangkok yang diterima di Jakarta, Rabu.

Pada kesempatan tersebut, Raja Maha Vajiralongkorn Phra Vajiraklaochaoyuhua didampingi oleh Ratu Suthida Bajrasudhabimalalakshana.

Rangkaian acara Royal Audience itu diawali dengan penjemputan Duta Besar RI di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok oleh pejabat senior kementerian luar negeri Thailand Sumate Chulajasa.

Penyerahan surat kepercayaan di Istana Raja berlangsung dalam suasana yang hangat dan khidmat dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Rachmat Budiman telah menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo dan harapan kejayaan, keselamatan, dan kesehatan bagi Raja dan keluarga serta rakyat Thailand.

Dubes RI juga menyampaikan komitmen untuk peningkatan kerja sama bilateral di bidang ekonomi, khususnya di bidang perdagangan dan investasi; menjaga perdamaian dan stabilitas regional; memastikan saling mendukung di berbagai forum regional dan global; serta dalam penelitian dan pengembangan kebijakan kesehatan masyarakat, termasuk tentang vaksin Covid-19.

Raja Thailand menyampaikan ucapan selamat datang kepada Dubes RI dan menyatakan akan memberikan dukungan sepenuhnya atas pelaksanaan tugas Duta Besar RI dalam meningkatkan kerja sama bilateral yang diharapkan dapat memberikan kontribusi siginifikan bagi masyarakat kedua negara.

Acara Royal Audience tersebut diikuti oleh enam duta besar asing yang ada di Thailand dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat termasuk pelaksanaan test PCR.

Selain Dubes RI, penyerahan surat kepercayaan juga dilakukan oleh beberapa duta besar lainnya, yakni dubes Mesir, Filipina, Prancis, Bangladesh dan Portugal.

Hubungan bilateral Indonesia dan Thailand secara resmi dimulai sejak 1950, meskipun secara historis terjalin sejak zaman kerajaan Sriwijaya.

Kemudian pada 23 Februari 1952, Pemerintah Indonesia secara resmi menempatkan Duta Besar RI untuk pertama kalinya di Thailand.

Pada 2020, meskipun di tengah pandemi, kedua negara berhasil merayakan peringatan 70 tahun hubungan diplomatik dengan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat, seperti lomba logo, seminar, pameran produk, dan pagelaran seni budaya.

Peringatan 70 tahun hubungan diplomatik itu mencerminkan kuatnya persahabatan dan jalinan kerja sama yang dimiliki oleh Indonesia dan Thailand.

Hubungan Indonesia-Thailand ke depan diyakini akan semakin berkembang dan meningkat serta memberikan manfaat nyata bagi masyarakat kedua negara, kawasan, dan juga global.(ng)