12/07/2024 17:01
FOKUS MEDAN

IPW Angkat Bicara Soal Oknum Polisi Letuskan Senjata di Medan

Ilustrasi penembakan. Ist

Fokusmedan.com : Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane angkat bicara mengenai aksi koboi yang meletuskan senjata api di salah satu lokasi hiburan malam di Medan.

IPW mendesak Kapolda Sumut segera menindak tegas polisi koboi ini dan memecatnya dari kepolisian.

“Kasus seperti ini tidak boleh dibiarkan karena akan menjadi preseden yang bisa diikuti polisi lainnya,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (3/3/2021) siang.

Neta mengatakan bila oknum polisi tersebut dihukum ringan maka tidak memberikan efek jera.

“Yang bersangkutan akan besar kepala dan bukan mustahil aksi koboi koboi-annya akan membunuh orang lain,” tegasnya.

Menurutnya, sikap nekat Brigadir MJ anggota Polres Binjai ini melepaskan tembakan diduga karena pengaruh minuman keras.

“Dari kasus ini membuktikan bahwa minuman keras telah membuat orang kehilangan kendali, bahkan seorang oknum polisi menjadi lupa daratan bahwa pistolnya dibeli dari uang rakyat untuk menjaga keamanan masyarakat dan bukan membuat keresahan publik,” kata Neta.

“Kasus ini juga menunjukkan bahwa penegasan Kadiv Propam Polri bahwa anggota Polri tidak boleh ke tempat hiburan malam dan mabuk mabukan belum dipatuhi,” sambungnya.

Seperti diketahui, Oknum polisi Bripka MJ meletuskan dua kali tembakan ke udara di sebuah lokasi hiburan malam di Jalan Sei Belutu Medan.

Kejadian penembakan ini terjadi ketika Tim Satgas Covid-19 melakukan razia di lokasi hiburan malam tersebut, pada akhir pekan kemarin.

Melihat adanya razia oknum polisi yang berada di dalam lokasi hiburan tersebut keluar. Namun, pihak manajemen mendatangi oknum tersebut dan memintanya untuk membayar bill minumannya.

Dalam tayangan video yang diterima wartawan, sejumlah orang terlihat mengerumuni oknum polisi tersebut.

“Dibayar, dibayar billnya, jangan nembaklah (tidak dibayar),” ujar salah seorang pria mendatangi oknum tersebut di luar halaman lokasi hiburan malam.

Tersudut, oknum polisi tersebut lantas mengeluarkan tembakan ke udara.

“Maju, maju kalian,” teriak oknum polisi tersebut.

Tak berhenti, oknum polisi yang diduga dibawah pengaruh alkohol ini kembali meletuskan senjata api ke udara.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi membenarkan kejadian tersebut. Dan terhadap oknum polisi tersebut sudah diamankan guna menjalani proses lebih lanjut, sanksi tegas siap menanti.

“Iya betul, sudah diamankan (Propam),” ujarnya kepada wartawan, Senin (1/3/2021) sore.

(Rio)