23/07/2024 2:35
EKONOMI & BISNIS

Sumut Diprediksi Cetak Deflasi, Ini Sebabnya!

Harga sejumlah bahan pangan di Sumut mengalami penurunan. Ist

Fokusmedan.com : Provinsi Sumatera Utara (Sumut) diprediksi bakal cetak deflasi antara 1.5% hingga 2% di bulan ini. Pasalnya di Februari ini, harga rata-rata kebutuhan pokok masyarakat mengalami penurunan dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Dari hasil pantauan di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan dan sekitarnya,  harga bawang putih rata-rata naik 2% dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Meskipun demikian secara rata-rata harga bawang putih dalam dua bulan terakhir ini bertahan dikisaran Rp25 ribuan per kg nya.

Sementara itu, harga ayam yang pada dasarnya masih bertahan mahal selama dua bulan terakhir ini di atas Rp33 ribu per Kg. Di bulan Februari harganya rata rata-rata lebih murah 4.5% dibandingkan dengan Januari. Telur ayam juga sama, mengalami penurunan sekitar 5%.

Untuk cabai rawit dan cabai merah, harga selama dua pekan terkahir mengalami penurunan yang sangat tajam. Hanya saja secara rata-rata di Februari harga cabai merah turun sekitar 8% dan cabai rawit harganya turun sekitar 5.6%.

Sedangkan bawang merah, harganya secara rata-rata juga mengalami penurunan sekitar 4%. Dan harga minyak goring turun sekitar 3 persenan.

Pengamat ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan, secara akumulai bahan pangan di Sumut menciptakan tren penurunan harga. Komoditas cabai ini akan menjadi penyumbang deflasi yang paling besar di bulan Februari ini.

“Dengan penurunan harga tersebut, Sumut berpeluang mencetak deflasi antara 1.5% hingga 2% di bulan ini,” katanya, Jumat (26/2/2021).

Penurunan harga komoditas pangan memang belum mempertimbangkan sejumlah komoditas sayur-sayuran, yang masih bertahan mahal namun kecenderungan turun. Serta ikan segar yang juga mengalami penurunan belakangan ini.

Gunawan menambahkan, penurunan harga pangan tersebut banyak ditopang oleh pasokan yang mulai melimpah. Dan jika berkaca kepada tren perkembangan harga belakangan ini, komoditas cabai dan bawang harganya sudah berada dalam rentang angka yang ideal.(ng)