12/07/2024 17:18
Uncategorized

Google Segera Hentikan Fungsi Pengenal Iklan di iOS

Fokusmedan.com : Apple disebut segera menggulirkan perubahan privasi baru. Hal ini berupa keleluasaan pengguna untuk mendapat opsi izin aplikasi iOS dapat melacak pengguna di apps atau web lain.

Menanggapi perubahan yang akan digulirkan tersebut, Google akhirnya mengumumkan bahwa mereka akan berhenti mengumpulkan pengenal iklan dari pengguna/aplikasi iOS.

Menurut Google, saat kebijakan Apple berlaku, pihaknya tidak akan lagi menggunakan informasi (seperti Identifier for Advertisers/IDFA) yang termasuk dalam AppTracking Transparency (ATT) untuk beberapa aplikasi iOS yang saat ini menggunakannya untuk tujuan periklanan.

“Karenanya, kami tidak akan menampilkan perintah ATT pada aplikasi tersebut, sesuai dengan panduan Apple,” tulis Google dalam blog resmi perusahaan, sebagaimana dilansir Ubergizmo via Tekno Liputan6.com.

Sebelum perubahan tersebut aplikasi di iOS dapat mengumpulkan pengenal iklan yang memungkinkan mereka menyebar iklan lebih bertarget dan dipersonalisasi untuk pengguna. Beberapa kalangan menilai hal ini sebagai pelanggaran privasi, dan Apple memutuskan untuk melakukan sesuatu.

Google memang memperingatkan pengembang aplikasi bahwa hal itu berpotensi berdampak negatif pada pendapatan iklan mereka, tetapi masih banyak yang harus dilihat dari beberapa aspek.

Apple juga telah memperkenalkan perubahan lain, seperti meminta pengembang untuk memasukkan label privasi di daftar App Store mereka, sesuatu yang belum dilakukan Google.(yaya)