14/07/2024 15:27
NASIONAL

Hut ke-75 Pomal, Kasal Ingit Prajurit Lebih Terampil

Fokusmedan.com : Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNIĀ Yudo Margono mengharapkan PolisiĀ Militer Angkatan Laut (Pomal) harus menjadi teladan dan panutan dalam melaksanakan tugas sesuai dengan hukum dan peraturan yang berlaku. Menurut Yudo, capaian itu berhasil apabila Pomal terus membenahi organisasi berlandaskan pada Tripilar.

Tripilar dimaksud Yudo yaitu kesiapan personel, kesiapan materiil yang didukung dengan perangkat lunak, serta penyelenggaraan dukungan yang baik.

“Untuk mencapai itu dibutuhkan prajurit Pomal yang berdedikasi, kredibel dan profesional,” kata Kasal dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/1).

Hal itu dikatakan Kasal memperingati HUT ke-75 Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) Lantamal I. Dalam acara Apel Khusus di Lapangan Apel Mako Lantamal I Belawan, Senin (22/2) turut hadir Komandan Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan I, Letkol Mar Farick, bersama prajurit Yonmarhanlan I.

Turut hadit pula Komandan Lantamal I Belawan, Brigjen TNI (Mar) I Made Wahyu Santoso yang bertindak sebagai penerima apel membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono.

“Peringatan Ulang Tahun Polisi Militer Angkatan Laut ini merupakan ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, sehingga prajurit Polisi Militer Angkatan Laut dapat memberikan pengabdian terbaiknya selama 75 tahun,” kata Wahyu Santoso.

Dia berharap, HUT ke-75 ini bisa dijadikan momen untuk mengevaluasi, intropeksi diri, serta menilai sejauh mana pengabdian dan kinerja Polisi Militer Angkatan Laut dalam organisasi TNI Angkatan Laut.

Dia menegaskan bahwa Polisi Militer Angkatan Laut adalah figur Plprajurit yang memegang teguh semboyan ‘Wigna Wira Widhayaka’, artinya prajurit penegak aturan yang berwatak ksatria, arif dan bijaksana serta senantiasa menjunjung tinggi prinsip kebenaran.

“Untuk itu, institusi Pomal sebagai penegak hukum dan tata tertib prajurit harus dapat menunjukkan eksistensinya guna mencegah dan menangani setiap pelanggaran disiplin maupun menjauhkan prajurit TNI Angkatan Laut dari segala bentuk tindakan pidana,” kata dia.

Turut hadir pula dalam Apel Khusus tersebut yakni para pejabat utama, para Kadis/Kasatker Lantamal I, perwira, bintara, tamtama Lantamal I dan Yonmarhanlan I, serta PNS Lantamal I.(yaya)