17/06/2024 16:29
Uncategorized

Perbedaan Hindu dan Budha yang Menarik untuk Diketahui, Berikut Selengkapnya

Fokusmedan.com : Sejarah dan budaya nusantara kental kaitannya dengan agama Hindu dan Budha. Kedua agama ini meninggalkan banyak sekali warisan yang masih bisa disaksikan oleh masyarakat hingga saat ini.

Hindu adalah kepercayaan spiritual yang muncul sekitar 3.500 tahun yang lalu. Sementara Buddha, muncul sekitar 2.800 tahun yang lalu. Hindu dan Budha adalah dua agama utama dengan pengikut yang cukup banyak di dunia, dan keduanya berasal dari India.

Meskipun agama-agama ini tidak terlalu dipahami dengan baik di dunia Barat, Hindu dan Budha merupakan agama terbesar ketiga dan keempat di dunia setelah Kristen dan Islam. Faktanya, 15% populasi dunia beragama Hindu dan 7% beragama Budha.

Lantas, apa saja perbedaan Hindu dan Budha yang paling utama? Berikut penjelasan selengkapnya.

Mengenal Apa Itu Hinduisme dan Buddhisme

Melansir dari asiahighlight.com, Hinduisme adalah agama multi-segi yang sulit untuk didefinisikan karena tidak memiliki satu pendiri, nabi, atau sekumpulan kepercayaan. Artinya, tidak ada cara sistematis dalam pengajaran agama ini. Agama Hindu tunduk pada banyak variasi dan pengaruh dari budaya lokal. Selain itu, agama ini juga terbuka untuk interpretasi yang berbeda dan relatif toleran terhadap pandangan yang berbeda.

Di sisi lain, Buddhisme dimulai dari seorang pendiri tunggal, Budha Gautama. Agama Budha tidak berfokus pada penyembahan Tuhan mana pun tetapi berfokus pada realisasi diri dan disiplin. Sementara Buddhisme dimulai di India, saat ini sebagian besar pengikutnya berada di luar negeri dan terutama di Sri Lanka, Tibet, Cina, Jepang, dan banyak negara Asia Tenggara.

Agama Hindu dan Budha memiliki kepercayaan dan praktik yang sangat berbeda, namun tidak dapat disangkal bahwa keduanya memiliki banyak kesamaan.(yaya)