14/07/2024 15:16
INTERNASIONAL

Ditemukan 3 Kematian di Guinea, Ebola Jadi Epidemi Lagi

Ilustrasi virus ebola. Ist

Fokusmedan.com : Kepala badan kesehatan
Guinea, Sakoba Keita, pada Minggu (14/2/2021) mengatakan, negaranya berada dalam epidemi ebola dengan 7 kasus yang dikonfirmasi. Selain itu, negara di Afrika Barat tersebut juga mencatatkan tiga kematian akibat ebola.

“Pagi-pagi sekali, laboratorium Conakry memastikan adanya virus ebola,” kata Sakoba Keita setelah rapat darurat di ibu kota, melansir AFP dari laman Kompas.com, Senin (15/2/2021).

Menteri Kesehatan Remy Lamah sebelumnya mengumumkan empat kematian, tetapi tidak diketahui mengapa angkanya bisa turun jadi tiga. Kasus-kasus tersebut menandai kemunculan virus yang menjadi epidemi di Afrika Barat ini pada 2013-2016.

Wabah ebola saat itu bermula di Guinea dan menewaskan lebih dari 11.300 orang di seluruh wilayah sekitarnya. Perwakilan dari Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, akan segera mengirim bantuan.

Sakoba Keita melanjutkan, satu orang meninggal akibat ebola pada akhir Januari di Gouecke, dekat perbatasan Liberia. Pemakaman dilakukan di Gouecke pada 1 Februari, dan beberapa orang yang menghadirinya mengalami gejala diare, muntah, pendarahan, dan demam beberapa hari kemudian, katanya.

Sampel pertama yang diuji oleh lab dari Uni Eropa di Gueckedou di wilayah yang sama, mengungkap adanya virus ebola di beberapa dari orang-orang itu pada Jumat (12/2/2021).
Dia menambahkan, dengan total 7 kasus dan 3 kematian, Guinea sekarang berada dalam epidemi ebola.(ng)