14/07/2024 14:11
INTERNASIONAL

Diduga Terpapar Covid-19, Dua Anak Harimau Putih Mati

Dua anak harimau putih di Pakistan. AFP

Fokusmedan.com : Dua anak harimau putih berusia 11 pekan yang mati di kebun binatang Pakistan bulan lalu tampaknya mati karena Covid-19.

Anak-anak harimau itu mati di Kebun Binatang Lahore pada 30 Januari empat hari setelah memulai pengobatan untuk apa yang menurut para pejabat adalah virus panleukopenia kucing.

Namun dari hasil otopsi, terungkap bahwa keduanya mengalami kerusakan di paru-paru, dan diyakini positif virus corona. Dua anak harimau putih itu dilaporkan tak dites corona. Namun, staf yang menangani mereka positif terkena Covid-19.

Direktur Kebun Binatang Lahore Kiram Saleem kepada Reuters berujar, setelah kematian hewan itu mereka langsung menggelar pemeriksaan.

Hasilnya seperti dikutip Russian Today Sabtu (13/2/2021), ada enam orang yang positif corona, termasuk staf dua anak harimau.

“Pemeriksaan ini menguatkan hasil otopsi. Keduanya kemungkinan terkena dari pawang yang memberi makan dan mengurus mereka,” kata Saleem.

Harimau putih merupakan hewan yang sangat langka, di mana warna kulit mereka merupakan hasil dari mutasi genetika. Tahun lalu, beberapa ekor singa dan harimau Siberia di Kebun Binatang Bronx, Amerika Serikat (AS), dinyatakan positif Covid-19.

Kemudian seekor harimau Melayu yang hidup di Kebun Binatang Knoxville, Tennessee, juga terinfeksi virus corona.

Otoritas setempat mengungkapkan kucing besar itu dikarantina setelah menunjukkan gejala seperti batuk ringan, lesu, dan penurunan nafsu makan.(ng)