15/07/2024 19:19
SUMUT

Kebakaran di Penyulingan Minyak Mentah, 3 Korban Terbakar

Suasana di lokasi kebakaran. Ist

Fokusmedan.com : Kebakaran melanda dapur masak minyak mentah milik masyarakat bernama Sunar (27) di Lingkungan I Kampung lalang Kelurahan Pekan Besitang Kabupaten Langkat mengakibatkan 3 orang luka bakar, Sabtu (6/2/2021).

Humas Polres Langkat Aiptu Yasir Ahmad mengatakan, selain korban luka bakar, sejumlah warga juga ada yang rumahnya dilalap api hingga tak tersisa.

“Tiga korban luka bakar dan warga mengalami kerugian material lainnya seperti kehilangan rumah,” ujarnya Minggu (7/2/2021) pagi.

Ada pun ketiga korban luka bakar tersebut yakni, Yuda (15) seorang pelajar luka bakar mencapai 45 persen untuk sekuruh tubuhnya.Yuda luka bakar di bagian wajah, siku tangan kanan dan kiri, luka bakar pada bagian tangan kanan dan kiri hingga ke jari tangan, luka bakar bagian pinggang sebelah kiri, luka bakar di kaki kanan dan kiri, mulai dari lutut kejari.

Kemudian Eki (40), seorang penarik becak, 25 persen tubuhnya terbakar. Yakni terbakar pada bagian wajah, kepala, tangan kanan dan kiri, kaki kanan dan kiri.

Satu lagi, Reihan (14) yan juga seorang pelajar tubuhnya 15 persen terbakar.

“Luka bakar pada bagian kaki kanan dan kaki kiri,”terangnya.

Yasir mengatakan, peristiwa yang mengakibatkan dua anak di bawah umur serta seorang pira dewasa tersebut terbakar terjadi pada hari Sabtu 06 Februari 2021 Malam, sekitar pukul 21.15 WIB. Kebakaran tepatnya terjadi di dapur masak minyak mentah (conden) milik Sunar.

Kebakaran itu disebabkan adanya kebocoran pada pipa saluran buang atau keluar hasil penyulingan atau masak minyak mentah yg dilakukan Eki, Yuda dan Reihan. Ketiga org tersebut tidak mengetahui adanya kebocoran pada pipa saluran penyulingan minyak mentah.

Sememntara pada saat pipa mengeluarkan uap atau gas, Eki, yuda dan Reihan pada saat itu sedang mengipas-ngipas api yang ada di tungku masak. Ketiganya bermaksud mengipas agar api menyala.

“Pada saat itulah terjadi percikan api dari tungku masak dan menyambar uap atau gas dari pipa yg bocor,” ujarnya.

Secara tiba-tiba terjadilah ledakan kuat yang tidak diketahui dari mana asalnya, namun masih di seputaran dapur masak minyak. Akibat dari ledakan tersebut, api menyambar ketiga orang korban yang mengakibatkan luka bakar dan 2 unit rumah hangus terbakar.

Selanjutnya Kapolsek Besitang AKP Harahap beserta personil menghubungi pemadam kebakaran dan berangkat menuju TKP. Pada Sabtu 06 februari 2021 pukul 22.45 WIB, api pun dapat dipadamkan dengan kekuatan 3 unit mobil pemadam kebakaran ditambah bantuan swadaya masyarakat.

Sementara itu, korban material dalam peristiwa ini adalah Adi Candra, (38). Adi mengalami kerugian sekitar 70 juta rupiah dengan rincian rumah hangus terbakar beserta isinya. Kemudian, (Manto) 40 seorang burih, dan mengalami kerugian materi 60 juta rupiah dengan rincian rumah hangus terbakar beserta isinya.

(Rio)