15/07/2024 19:07
SUMUT

Sebarkan Isu Rasisme, Guru Besar FP USU Laporkan 4 Akun Twitter

Kuasa hukum membuat laporan ke Polda Sumut. Ist

Fokusmedan.com : Empat akun Twitter diduga dari elit partai politik dilaporkan ke Polda Sumatera Utara (Sumut), Selasa (2/2/2021), karena dituding menyebarkan isu rasisme.

“Ya, hari ini kita datang ke Polda Sumut untuk melaporkan 4 akun oknum partai demokrat karena ikut menyebarkan isu rasis hingga viral di media sosial twitter,” kata Guru Besar Fakultas Pertanian USU Yusuf Leonard melalui kuasa hukumnya, Rinto Maha dari Kantor Hukum Lazzaro Law Firm kepada wartawan.

Menurut Rinto, isu rasis yang disebar oknum-oknum partai itu diduga memang sebuah rancangan (by design). Mereka, kata dia, ‘menggoreng’ isu rasisme agar kliennya ‘terjebak’ hingga tersandera kasus hukum. Padahal sebelumnya, postingan tersebut sudah di-upload kliennya sejak 2 Januari 2021, namun tidak menjadi polemik.

“Jadi, kenapa baru sekarang digoreng-goreng isu rasis itu. Mana yang rasis, tidak ada klien kita melakukan itu. Klien kita orang berpendidikan, dosen USU, jadi tidaklah mungkin melakukan hal serendah itu,” sebutnya.

Untuk itu dia memastikan bahwa yang telah disebarkan oleh ke 4 akun tersebut jelas adalah sebuah pelanggaran hukum.

“Akun-akun tersebut jelas telah memprovokasi cuitan Yusuf di twitter hingga menjadi konsumsi publik. Makanya kita laporkan. Mereka dilaporkan soal UU ITE, dengan pasal 28 ayat 2 dan pasal 32 ayat (1),” pungkasnya.

Menanggapi itu, Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan ketika dikonfirmasi mengatakan, setiap laporan yang sampai ke Polda Sumut tentu akan ditindaklanjuti.(riz)