09/12/2023 15:54
INTERNASIONAL

Kebakaran di Bangladesh, 500 Rumah Pengungsi Rohingya Ludes Dilahap Api

Tempat tinggal pengungsi Rohingya habis terbakar. Reuters

fokusmedan : Lebih dari 2.000 pengungsi Rohingya di sebuah kamp di Bangladesh kehilangan tempat tinggal pada Kamis (14/1/2021) setelah si jago merah melahap habis 500 rumah atau pondok mereka pada dini hari.

Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, tapi sedikitnya 10 orang terluka saat mereka berusaha menyelamatkan diri dari api sekitar pukul 02.00 dini hari di kamp Nayapara.

Demikian disampaikan komisioner pengungsi Bangladesh, Rezwan Hayat, dikutip dari France 24, Jumat (15/1/2021).

“Rumah-rumah tersebut terbuat dari seng dan bambu. Kami segera menyediakan makanan panas dan bambu serta terpal kepada mereka yang terdampak untuk membangun kembali rumah mereka,” jelasnya.

Rezwan menambahkan, kebakaran diduga disebabkan tabung kompor gas yang banyak digunakan di kamp.

Nayapara berada di Bangladesh tenggara, merupakan rumah bagi puluhan ribu pengungsi Rohingya yang berasal dari Myanmar, termasuk banyak dari mereka yang telah tinggal di sana sejak 1990-an.

Kamp-kamp padat dan kotor lainnya di kawasan itu merupakan rumah bagi hampir 900.000 Rohingya, yang kebanyakan dari mereka melarikan diri dari serangan brutal militer Myanmar pada 2017.

Direktur Organisasi Save the Children Bangladesh, Onno van Manen mengatakan, kebakaran itu merupakan cobaan berat lain bagi warga Rohingya yang telah bertahan dari berbagai kesulitan tak terperi selama bertahun-tahun.

“Ini merupakan pengingat mengerikan lainnya bahwa anak-anak yang terjebak di kamp menghadapi masa depan yang suram dengan sedikit kebebasan bergerak, akses yang tidak memadai ke pendidikan,¬†kemiskinan, risiko perlindungan yang serius dan pelecehan termasuk pernikahan anak,”¬†pungkasnya.(mdk)