15/07/2024 18:23
EKONOMI & BISNIS

Bursa AS dan Asia Membaik, IHSG Mengekor Namun Rupiah Melemah

fokusmedan : Kinerja pasar keuangan di Asia pada perdagangan hari ini menguat tajam. Kenaikan kinerja bursa di Asia dipicu oleh membaiknya kinerja bursa di AS.

Bursa di AS menguat di tengah demo besar pendukung Presiden AS Donald Trump. Meskipun pelaku pasar pada umumnya juga tengah mempertimbangkan kemungkinan gelontoran stimulus fiskal tambahan serta dana bantuan Covid-19.

Menurut Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin, sentimen tersebutlah yang membuat kinerja indeks saham global khususnya yang ada di Asia mengalami penguatan yang cukup signifikan.

IHSG dibuka menguat di level 6.091,72. Dan kinerjanya diyakini akan mampu bertahan di zona hijau setidaknya sampai penutupan perdagangan sesi pertama nantinya.

Sementara itu, mata uang rupiah kinerjanya masih memburuk. Di mana Rupiah kembali melemah di level 13.920 per US Dolar. Dan di awal pembukaan kinerja mata uang rupiah juga melemah di level 13.905 per US Dolar dibandingkan kinerja Rupiah pada penutupan perdagangan sebelumnya di level 13.895 per US Dolarnya.

“Secara keseluruhan pasar keuangan nasional pada hari ini akan banyak dipengaruhi oleh sejumlah kabar terkait dengan Covid-19,” katanya, Kamis (7/1/2021).

Gunawan menambahkan, sejauh ini pelaku pasar merespon negatif kebijakan pemerintah terkait PSBB ketat Jawa dan Bali. Kebijakan tersebut bisa saja membuat banyak industri merugi dan memicu terjadinya tekanan pada IHSG maupun Rupiah.(ng)