16/04/2024 5:35
Uncategorized

Cara Mengatasi Stres Finansial dengan Mudah, Perlu Diketahui

fokusmedan : Uang memang menjadi sumber penghasilan yang dapat digunakan untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari. Dengan alasan inilah setiap orang bekerja untuk mendapatkan upah yang bisa menjadi sumber pemasukan setiap bulannya. Kemudian, sejumlah uang yang tersebut dapat digunakan untuk membeli berbagai macam kebutuhan seperti makanan, minuman, air, listrik, dan lain sebagainya.

Jika penghasilan setiap bulan tidak dapat dikelola dengan baik dan efektif, tentu hal ini akan menimbulkan masalah tersendiri. Terlebih lagi jika hanya memiliki sumber penghasilan yang minim, namun memiliki kebiasaan gaya hidup konsumtif. Akibatnya, kebutuhan sehari-hari tidak dapat terpenuhi dengan baik dan akan menghambat aktivitas keseharian.

Bahkan, kondisi ini tidak jarang menimbulkan perasaan stres tersendiri. Banyaknya kebutuhan yang harus dipenuhi, namun hanya memiliki sumber penghasilan yang terbatas hingga terlibat kegiatan hutang yang memberikan dampak panjang. Dengan begitu, setiap orang perlu mengetahui bagaimana cara mengatasi stres finansial dengan baik dan efektif untuk mencegah berbagai permasalahan keuangan yang merugikan diri sendiri.

Selain mengetahui cara mengatasi stres finansial, Anda juga perlu memahami berbagai macam dampak yang ditimbulkan dari masalah ini. Dilansir dari situs Verywell Mind berikut kami merangkum beberapa cara mengatasi stres finansial dan berbagai macam dampaknya yang perlu Anda pahami.

Dampak Stres Finasial

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi stres keuangan dengan baik, perlu dipahami terlebih dahulu bahwa kondisi ini dapat menyebabkan berbagai dampak khususnya kesehatan. Berikut adalah beberapa dampak stres finansial yang perlu diwaspadai :

  • Stres finansial dapat mendatangkan dampak perawatan kesehatan yang tertunda. Dengan lebih sedikit uang, tentu seseorang tidak memiliki modal yang cukup untuk melakukan perawatan kesehatan secara optimal ketika dibutuhkan. Bahkan orang yang memiliki uang terbatas bisa menunda perawatan medis karena kendala biaya yang dimiliki. Tentu hal ini akan menyebabkan kondisi kesehatan yang semakin memburuk.
  • Stres finansial juga dapat menyebabkan kondisi kesehatan mental yang buruk. Berdasarkan banyak kasus, hubungan antara kesehatan mental dan keuangan bersifat siklus. Artinya, kondisi keuangan yang buruk dapat menyebabkan kesehatan yang buruk pula. Menurut penelitian, orang yang mempunyai hutang juga lebih rentan mengalami depresi dan kecemasan daripada orang yang tidak memiliki hutang.
  • Kondisi stres finansial yang tidak ditangani dengan baik tentu akan memberikan dampak panjang bagi kesehatan fisik yang semakin buruk. Stres secara terus menerus dapat menyebabkan berbagai gangguan fisik seperti migraine, penyakit jantung, diabetes, hingga gangguan tidur.
  • Stres finansial juga dapat menyebabkan berbagai perilaku tidak sehat, mulai dari makan berlebihan hingga konusmi alkohol dan obat-obatan yang tidak baik untuk kesehatan. Jika terus dilakukan, hal ini tidak akan menyelesaikan masalah melainkan justru membuat kondisi semakin buruk.
Cari Sumber Penghasilan Tambahan

Setelah mengetahui beberapa dampak stres finansial, berikutnya Anda perlu memahami bagaimana cara mengatasi stres finansial dengan baik. Cara pertama untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mencari sumber penghasilan tambahan.

Hal ini bisa dilakukan, terutama bagi Anda yang memiliki sumber penghasilan terbatas. Dengan mencari pekerjaan sampingan atau dengan membangun bisnis kecil, bisa menambah uang pemasukan setiap bulannya. Dengan tambahan penghasilan ini kemudian bisa dikelola untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dengan baik.

Periksa Anggaran

Cara mengatasi stres finansial berikutnya yaitu dengan rutin melakukan pemeriksaan anggaran. Pemeriksaan anggaran secara rutin sangat penting untuk memastikan apakah setiap anggaran pengeluaran sudah dilakukan dengan baik dan sesuai prioritas kebutuhan.

Semakin sering melakukan pengecekan pengeluaran, tentu dapat menghindarkan Anda dari perilaku konsumtif yang tidak perlu. Hal ini juga dapat mengurangi risiko stres finansial yang bisa didapatkan.

Manajemen Stres Secara Umum

Cara mengatasi stres finansial selanjutnya yaitu dengan melakukan manajemen stres secara keseluruhan dengan baik. Dalam hal ini, Anda perlu melakukan berbagai cara yang bisa membuat pikiran lebih tenang dan tidak cemas.

Dengan rajin berolahraga, mengonsumsi makanan sehat dan seimbang, serta berpikir positif dapat memudahkan Anda untuk memanajemen stres dengan baik. Sehingga kondisi stres perlahan dapat berkurang dan terhindar dari risiko yang semakin parah.(yaya)