14/07/2024 14:33
NASIONAL

Pemprov DKI Tetap Berlakukan Belajar dari Rumah di Semester Genap

fokusmedan : Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta tetap memberlakukan pembelajaran dari rumah untuk seluruh sekolah di wilayah Jakarta pada semester genap Tahun Ajaran (TA) 2020/2021.

Pemprov DKI menilai kesehatan dan keamanan peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan menjadi prioritas utama di masa pandemi virus corona (Covid-19).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana mengatakan, terus melakukan persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka. Selain itu Dinas Pendidikan DKI juga bekerja sama dengan berbagai pihak terkait dalam mempersiapkan rencana pembelajaran tersebut.

“Pembelajaran tatap muka belum dapat dilaksanakan, sehingga seluruh sekolah di DKI Jakarta tetap melanjutkan pembelajaran dari rumah,” ujarnya, Sabtu (2/1/2020).

Ia mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sangat berhati-hati dalam mengambil kebijakan terkait pelaksanaan pembelajaran tatap muka secara langsung di semester genap TA 2020/2021.

“Prioritas utama Pemprov DKI adalah kesehatan dan keamanan para peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan,” ujarnya.

Meski demikian, lanjut Nahdiana, Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta terus melakukan persiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka dan bekerja sama dengan berbagai pihak terkait dalam mempersiapkan rencana pembelajaran tersebut.

Beberapa rekomendasi pun telah diterima demi menjamin kesehatan dan keselamatan peserta didik dalam kebijakan pembelajaran tatap muka yang diambil.

Nahdiana menambahkan, pihaknya telah mempersiapkan laman Siap Belajar yang bertujuan untuk mengukur kesiapan satuan-satuan pendidikan dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada semester genap TA 2020/2021

“Laman ini digunakan untuk melakukan asesmen terhadap sekolah-sekolah yang ada di DKI Jakarta,” ujarnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan Pemprov DKI Jakarta baru akan mengumumkan sekolah tatap muka usai Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) transisi berakhir pada tanggal 3 Januari 2021 mendatang.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan telah mengizinkan sekolah tatap dilakukan mulai awal 2021. Keputusan itu nantinya tidak harus secara serentak diadakan namun dapat dilakukan sesuai keputusan Pemerintah Daerah masing-masing.(ng)