12/07/2024 18:45
NASIONAL

Menhub Budi Bakal Beli Pesawat N219 untuk Menjangkau Daerah Terpencil

fokusmedan : Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan akan membeli pesawat N219 buatan PT Dirgantara Indonesia yang bekerja sama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), untuk memenuhi kebutuhan pesawat yang menjangkau daerah 3TP (Tertinggal, Terpencil, Terluar dan Perbatasan).

“Kita harapkan ini bisa menjangkau daerah Tertinggal, Terpencil, Terluar dan Perbatasan (3TP),” kata Budi di acara Aero Summit 2020 secara virtual, Jakarta, Senin (28/12).

Selain itu, pesawat ini juga akan digunakan untuk keperluan kalibrasi fasilitas penerbangan dan sebagai angkutan perintis. Budi berharap adanya pesawat N219 ini bisa diikuti dengan pengembangan pembangunan.

Salah satunya untuk kebutuhan daerah pariwisata yang juga sedang dikembangkan pemerintah. Sehingga pihaknya tidak perlu lagi membangun banyak bandara di berbagai tempat yang harus memiliki landasan pacu dengan lahan luas. Sebab pesawat ini bisa mendarat dengan landasan 700 meter.

“Sehingga Kementerian Perhubungan tidak perlu bangun bandara di semua wilayah, ini memberikan manfaat maksimal,” kata dia.

Sebagai informasi N219 merupakan pesawat udara kategori komuter. High-wing monoplane dengan mid tail empennage dan unpressurised cabin berkapasitas maksimum 19 penumpang.

Pengembangan dari pesawat N259 ini memiliki roda pendarat fuselage mounted non-retractable tricycle, 2(dua) engine turboprop PT6A-42 dengan 4 bilah propeller Hartzell. Dilengkapi juga dengan sistem navigasi-komunikasi Garmin 1000 Next Generation.

Pesawat N219 akhirnya mendapatkan sertifikat setelah menjalani proses sertifikasi selama hampir 7 tahun.(yaya)