12/07/2024 17:20
FOKUS MEDAN

Hadapi Nataru, Rumah Sakit di Medan Siagakan Pelayanan di IGD

fokusmedan : Rumah Sakit (RS) di Kota Medan bakal tetap menyiagakan pelayanannya dalam menghadapi Natal dan Tahun Baru.

Seperti di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Haji Adam Malik, layanan ini terutama akan dipusatkan di Instalasi Gawat Darurat (IGD).

Kepala Sub Bagian Hukum, Organisasi dan Humas RSUP Haji Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak mengatakan, IGD telah disiapkan untuk siaga 24 jam dalam memberikan pelayanan kegawatdaruratan, walau pemerintah menetapkan libur selama beberapa hari menjelang pergantian tahun menuju tahun 2021.

“Meskipun libur panjang Natal dan Tahun Baru 2021, kami akan tetap memberikan pelayanan kesehatan 24 jam bagi masyarakat melalui IGD,” ungkapnya, Kamis (24/12/2020).

Terkait pelayanan IGD selama masa liburan ini, Rosa menjelaskan RSUP Haji Adam Malik menugaskan 3 dokter spesialis. Ketiganya adalah dokter spesialis penyakit dalam, dokter spesialis anestesi, dan dokter spesialis anak.

Nantinya, sambung Rosa, mereka akan bertugas secara on-site (di tempat) sesuai dengan jadwal jaga, bersama dengan dokter jaga, perawat dan tenaga kesehatan lainnya.

“Kami pun menyiapkan dokter spesialis obgyn dan dokter spesialis bedah yang akan bertugas secara on-call (panggilan). Dokter spesialis lainnya juga akan on-call sesuai kebutuhan pelayanan. Selain itu, ada dokter jaga dan perawat sesuai jadwal dinas mereka masing-masing,” jelasnya.

Selain itu, Rosa menuturkan, RSUP Haji Adam Malik dokter  juga tetap siap menerima rujukan pasien dari RS lain melalui aplikasi Sistem Informasi Rujukan Terintegrasi (Sisrute) dan call center 061-8363000 selama 24 jam. Selain itu, pelayanan Haemodialisa, Kemoterapi One Day Care (ODC) dan Poliklinik Metadon pun tetap dibuka untuk melayani pasien sesuai dengan jadwal masing-masing.

“Sedangkan pelayanan poliklinik di Instalasi Rawat Jalan dan Poli Eksekutif akan tutup sementara selama liburan, dan dibuka kembali pada hari kerja. Namun kita telah menyiapkan obat-obatan dan segala kebutuhan lainnya untuk menghadapi kemungkinan lonjakan pasien selama libur Natal dan tahun baru kali ini,” pungkasnya.

Senada, Kasubag Humas RSUD dr Pirngadi Medan Edison Perangin-angin mengaku, RS milik Pemko ini juga akan melayani pasien yang berobat melalui IGD selama libur Natal dan Tahun Baru 2021. Selain itu, terdapat 5 dokter spesialis antara lain spesialis anak, bedah, obgyn, penyakit dalam, anestesi dan dokter umum yang disiagakan.

“Kami juga menyiapkan on call dokter apabila diperlukan kepada pasien nantinya,” ujarnya.

Namun, kata Edison, pada tanggal 28-30 Desember 2020 pelayanan rawat jalan di RSUD dr Pirngadi sudah akan kembali dibuka untuk melayani masyarakat berobat. Begitupun Untuk ruangan HD dan kemoterapi tetap buka di hari libur Natal dan Tahun Baru 2021.(riz)