12/07/2024 18:50
NASIONAL

Sandiaga Uno Jabat Menparekraf, Ini Pesan Jokowi-Ma’ruf Amin

fokusmedan : Sandiaga Uno ungkap pesan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin terkait tugas barunya sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) menggantikan Wishnutama Kusubandio.

Apa saja tugas tersebut?
1. Destinasi super prioritas

“Pertama-tama tentunya adalah kita harus cepat bergerak. Saya dikasih waktu yang sangat singkat, satu tahun untuk beliau bisa lihat kesiapan destinasi super prioritas tapi dari 360 derajat aspek,” kata Sandiaga dalam momen serah terima jabatan (sertijab) Menparekraf yang digelar di Gedung Sapta Pesona Kantor Kemenparekraf, Rabu (23/12/2020).

Destinasi super prioritas yang dimaksud adalah Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

Presiden Jokowi disebut Sandiaga sebagai sosok yang sangat detil. Ia diharapkan untuk bisa melihat kesiapan lima destinasi super prioritas tersebut dari segala aspek, dari yang terbesar hingga yang paling kecil.

“Beliau itu sangat detil. Dari tari-tariannnya, kostumnya, seni budaya, talenta, SDM (sumber daya manusia) pelayanan, dan sebagainya,” sambung Sandiaga.

2. Bikin acara menarik
Selain fokus pada pengembangan destinasi super prioritas, Sandiaga juga diminta untuk memperhatikan Calendar of Events (CoE).
Acara-acara yang dimaksud mulai dari acara berskala kecil, medium, hingga besar alias berskala dunia.

3. Pulihkan ekonomi dan terapkan protokol kesehatan

Tak ketinggalan, Wakil Presiden Ma’ruf Amin pun disebut Sandiaga ikut memberikan beberapa pesan. Salah satunya terkait sektor ekonomi kreatif (ekraf) yang jadi penghela ekonomi Indonesia serta pencipta lapangan kerja.

Wapres Ma’ruf disebut meminta Sandiaga untuk melakukan pendekatan yang betul-betul holistik terkait sektor ekraf sambil tentunya menjalankan protokol Covid-19 dengan disiplin.

4. Inovasi produk, wisata halal
Sandiaga juga menyebut bahwa Wapres Ma’ruf meminta beberapa produk pariwisata yang sudah berjalan hingga kini untuk dilakukan inovasi.

Seperti wisata halal, desa wisata, dan beberapa kegiatan lainnya yang menyentuh aspek ekonomi rakyat.

“Rencana dan strategi ke depan, kita harus get to work. We don’t have much time. Kita butuh adaptasi, inovasi, dan kolaborasi. Kita lakukan yang terbaik untuk bangsa dan negara,” pungkas Sandiaga.(ng)