21/02/2024 19:44
EKONOMI & BISNIS

Jelang Natal dan Tahun Baru, Harga Daging Sapi dan Ayam di Medan Naik

fokusmedan : Jelang Natal dan Tahun Baru, harga daging sapi dan ayam ras di Kota Medan dan sekitarnya mengalami kenaikan. Saat ini, kisaran harga ayam mencapai Rp36-Rp38 ribu per Kilogram (Kg) sedangkan daging sapi Rp120.000 per kg.

Seorang penjual ayam potong di pasar Sukaramai Medan, Junaidi mengatakan, kenaikkan harga ayam sudah berlangsung selama 2 pekan yang lalu.

“Ya sudah naik dari Rp25.000 per kilogram berangsur menjadi Rp38.000 per kilogram sekarang,” katanya, Jumat (18/12/2020).

Ia mengaku, tidak mengetahui secara pasti kenapa harga ayam kian meningkat. Pasalnya, stok ayam pada dasarnya stabil danĀ  yang dijual juga besar. Meningkatnya harga ayam juga membuat pendapatannya akhirnya berkurang.

“Biasanya satu hari itu bisa 1,5 ton habis, sekarang paling hanya 700 kg. Kalau dibilang karena mau tahun baru tidak juga, karena biasanya akhir tahun harga mau naik turun,” katanya.

Hal serupa juga disampaikan oleh pedagang daging sapi, Aji saat diwawancara di lapak tempatnya berjualan di Pasar Sukaramai. Dikatakannya sudah sejak awal Desember 2020 daging sapi naik di pasaran.

“Dari tanggal 1 Desember harga naik. Sebelumnya Rp110.000 kilogram sekarang jadi Rp 120.000 per kilogram,” tuturnya.

Saat ditanya kenapa harga naik, Aji pun mengaku tidak mengetahuinya. Sebab menurutnya stok daging masih tetap ada dan tidak pernah kekurangan ataupun kelebihan.

“Naiknya tidak tahu, pemerintahlah yang mengerti barangkali. Pembeli yang datang pun sedikit. Sudahlah masa Covid-19, harga naik, terakhir daya beli jadi tipis,” pungkasnya.

“Harapan kami pedagang kecil seperti kami ini diperhatikanlah dan tolong harga distabilkan,” tandasnya.(ian)