23/07/2024 4:00
GAYA HIDUP & KESEHATAN

5 Gerakan Yoga Ini dapat Redahkan Stres

fokusmedan : Yoga dapat membantu mengurangi stres, karena aktivitas fisik ini bisa meningkatkan relaksasi. Yoga dapat memiliki manfaat bagi tiga aspek yang biasanya kerap terpengaruh karena stres, yaitu tubuh, pikiran dan pernapasan.

Sejatinya gerakan yoga menggabungkan pose fisik, pernapasan terkontrol, dan meditasi. Kombinasi dari ini dapat menurunkan tekanan darah dan mengembalikan detak jantung ke kondisi normal. Bagaimana gerakan yoga yang dapat meredakan stres?

Komponen Yoga dan Gerakan untuk Meredakan Stres

Dalam praktiknya, yoga menggabungkan tiga komponen yaitu pose, teknik pernapasan, dan meditasi. Pose yoga, juga disebut postur, adalah rangkaian gerakan yang dirancang untuk meningkatkan kekuatan dan kelenturan. Bentuk-bentuk pose yoga berkisar dari berbaring di lantai hingga postur sulit yang mungkin membuat kamu meregangkan batas fisikmu.

Mengontrol pernapasan adalah bagian penting dari yoga. Dalam yoga diajarkan bahwa mengontrol pernapasan dapat membantu kamu lebih mengelola tubuh dan menenangkan pikiran. Demikian juga halnya dengan meditasi yang membantu kamu belajar lebih penuh perhatian dan sadar.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, gerakan yoga dapat meredakan stres. Mekansir halodoc, Jumat (18/12/2020) ada 5 contoh gerakan yoga yang dapat meredakan stres:

1. Forward Bend

Gerakan menekuk ke depan akan meningkatkan pernapasan, yang mengarah ke respons relaksasi. Bagaimana cara melakukannya? Duduklah dalam posisi ala Jepang ataupun bersila senyamannya.

Condongkan badan ke depan berikut kedua tangan juga lurus ke depan dan wajah menghadap ke lantai. Tetap pada posisi selama lima tarikan napas. Perlahan berdiri dengan posisi wajah menghadap tulang kering dan tangan memeluk kedua betis.

2. Standing Forward Bend with Opener Shoulder

Melakukan gerakan yoga ini tidak hanya meningkatkan laju pernapasan dan membantu menghilangkan stres, tetapi juga melepaskan ketegangan bahu serta melepaskan stres di paha belakang. Bagaimana melakukan posisi ini?

Setelah kamu berdiri dari gerakan forward bend, arahkan kedua tangan ke belakang punggung dan jalin jari-jari tangan. Angkat kedua lengan sejauh mungkin. Tahan selama 5 napas, lalu ubah jalinan dengan meletakkan jari telunjuk lainnya di atas dan tahan selama 5 napas lagi.

3. Wide-Legged Standing Forward Bend

Pose ini tidak hanya meredakan stres tetapi juga melepaskan sebagian tekanan di kepala. Cara melakukan gerakannya adalah dengan membuka kedua kaki lebar kemudian luruskan badan ke depan dengan wajah menghadap ke kaki yang terbuka. Posisi kedua tangan menyentuh betis atau pun ditumpukan di belakang tumit. Tahan pose ini selama 10 tarikan napas sembari ratakan punggung dan angkat pinggul.

4. Side Stretch

Gerakan ini dapat melepaskan stres dari leher, kepala, dan bahu. Caranya cukup sederhana, kamu duduk bersila lalu angkat kedua tangan menjauh dari lantai dan tempatkan di samping telinga. Kemudian gerakan tubuh ke sisi kiri dan kanan bergantian. Masing-masing sisi 5-8 tarikan napas.

5. Savasana

Gerakan ini termasuk salah satu pose yoga sederhana, tetapi membutuhkan konsentrasi dan meditasi yang serius. Cara melakukannya adalah membaringkan badan menghadap langit-langit. Buka kedua kaki selebar paha, posisikan tangan dengan telapak tangan membuka menghadap langit-langit.

Tutup mata dan tarik napas perlahan. Rasakan napasmu, embuskan perlahan. Pusatkan perhatian pada aliran napas.(ng)