15/07/2024 18:28
INSPIRASI

Fakultas Kedokteran USU Gelar Tes Swab Gratis untuk Warga Medan Area

Penyelenggara kegiatan swab, dr Ichwan. Ian

fokusmedan : Sejumlah warga Jalan Ismailiyah, Kecamatan Medan Area mengikuti tes swab gratis yang digelar oleh Fakultas Kedokteran Universitas Sumatera Utara (USU), Kamis (17/12/2020).

Penyelenggara kegiatan tes swab, dr Ichwan mengungkapkan, proses tes swab gratis ini sudah berlangsung sejak 08.00 WIB. Kegiatan ini diprotitaskan untuk warga Medan Area.

“Meskipun diprioritaskan kepada warga Medan Area tetapi daerah lain juga ikut. Swab gratis ini didanai oleh lembaga pengabdian masyarakat USU dengan skema internasional. Artinya, di sini juga ada melibatkan dari universitas luar negeri dari Kanada dan London,” ungkapnya.

Ia menyebutkan bahwa swab gratis ini sebagai tindak lanjut dari proses pelatihan kepada tenaga medis di Puskesman dan klinik BPJS di Kecamatan Medan Area.

“Sebelumnya kita sedang melakukan pendampingan kepada tenaga medis di sini agar dapat merawat pasien yang terpapar Covid-19 dan terisolasi di rumah,” katanya.

Lebih lanjut, Ichwan mengatakan untuk menjaring mana warga yang positif atau tidak maka pemeriksaan tes swab ini digelar. Ia pun menjelaskan dalam proses melakukan kegiatan ini juga dibantu oleh Satuan Tugas Penanganan Covid-19 serta laboratorium mikrobiologi fakultas kedokteran USU.

“Nah dari hasil ini mana yang terkonfirmasi positif maka akan kita dampingi bagaimana penanganan selanjutnya apakah melakukan isolasi mandiri di rumah atau mendapatkan fasilitas kesehatan lanjutan,” tuturnya.

“Hasil Swabnya nanti akan didapatkan maksimal 48 jam dan kalau ada yang positif nanti akan dikabari melalui WhatsApp dan segera dilayani di sini bersama pihak puskesmas dan klinik,” tambahnya.

Dia menjelaskan alasan melakukan Swab gratis di kecamatan Medan Area untuk melanjutkan kegiatan Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia yang sebelumnya melakukan pendampingan terhadap pasien-pasien pengorbit mulai dari Mei-Juli.

Kegiatan swab ini akan rutin dilakukan setiap hari Selasa sampai 12 Januari 2021. Sementara itu, ia melihat antusiasme warga cukup baik bahkan dari target hari ini hanya 50-60 orang, kini telah mencapai 80 orang.

“Antusiasme masyarakat kita lihat sudah baik meskipun masih ada yang takut kalau hasilnya Swabnya nanti positif. Padahal kalau ikutkan kita bisa jadi lebih bisa menjaga diri. Terlebih mendekati masa libur Natal, bagi masyarakat yang ingin ke luar kota mengunjungi keluarganya, jangan sampai membawa penyakit ke kampung,” tandas Ichwan.(ian)